Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
KABAR SENTANI

Asisten I Apresiasi Dinkop & UMKM Jayapura Berikan Pelatihan Mebel dan Handycraft

213
×

Asisten I Apresiasi Dinkop & UMKM Jayapura Berikan Pelatihan Mebel dan Handycraft

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Elphyna E. D. Situmorang memberikan apresiasi kepada Dinas Koperasi dan UMKM yang telah memfasilitasi belasan anak muda dari beberapa distrik dengan memberikan pelatihan meubel dan handycraft tahun 2023.

“Saya sangat mengapresiasi Dinas Koperasi dan UMKM yang memberikan pelatihan kepada pemuda kita tentang meubel dan handycraft. Inilah yang diharapkan, bahwa harus tertuju pada orang asli Papua (OAP), bagaimana kita meningkatkan keterampilan mereka agar bisa berdaya dan bukan membiarkan membuat mereka tidak berdaya,” ungkapnya ketika menjawab pertanyaan wartawan media online ini usai menutup kegiatan pelatihan meubel dan handycraft, di SMK Negeri 5 Jayapura, Jalan Pasar Youtefa, Distrik Abepura, Selasa, 14 November 2023.

Elphyna Situmorang menjelaskan, berdaya itu bukan berupa uang saja, tetapi bagaimana kita memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mereka. Supaya mereka juga bisa berusaha, untuk apa yang harus mereka lakukan guna hidupnya.

“Dengan demikian, itu melaksanakan apa yang disebut dengan Otsus. Nah, kalau kita sudah melatih mereka, otomatis kita tidak boleh melepaskan mereka begitu saja. Berarti harus ada pola pendampingan, yang harus dilakukan secara seksama oleh dinas terkait seperti Dinas Koperasi dan UMKM maupun Dinas Perindag itu kita berharap bisa bersama-sama,” terangnya.

Saat menghadiri penutupan kegiatan pelatihan meubel dan handycraft, kata Elphyna, ketika para peserta ini menghasilkan karya, maka penjualan-penjualan dari hasil mereka itu yang harus dilakukan secara keluar oleh beberapa instansi terkait.

“Sehingga mereka tidak merasa sudah menghasilkan karya, namun tidak ada yang membeli karya mereka dan akhirnya semangat mereka akan menjadi kendor untuk hasilkan suatu karya. Kalau mereka sudah menghasilkan suatu karya, maka kita sudah harus lakukan ujicoba pemasaran-pemasaran baik di media sosial maupun hubungan kerjasama dengan pemerintah daerah dari luar Kabupaten Jayapura. Supaya dapat memberikan penghasilan-penghasilan yang lebih baik kepada mereka,” jelasnya.

Elphyna menyebutkan, Pemkab Jayapura sangat mendukung kegiatan ini dengan banyak melakukan pendampingan kepada para peserta usai mengikuti pelatihan tersebut.

“Hal ini juga mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Jayapura. Jika hasil-hasil mebeler dan juga karyanya lebih bagus yang dibuat oleh anak-anak muda kita ini kedepannya bisa dibuatkan sebuah regulasi, yang mengharuskan untuk menggunakan produk-produk lokal atau hasil karya mereka ini dilakukan oleh pemerintah daerah berupa karya mebeler atau handycraft,” sebutnya.

Elphyna berharap para peserta yang sudah difasilitasi oleh Dinas Koperasi dan UMKM terus konsisten dalam membuat karya mebeler agar usaha mereka bisa membuahkan hasil dan meningkatkan ekonomi pribadi maupun masyarakat pada umumnya.

Untuk diketahui, pelatihan mebel dan handycraft ini dimulai sejak tanggal 17 Oktober hingga 14 November 2023 yang diikuti sebanyak 16 orang peserta dari beberapa distrik di Kabupaten Jayapura.

Selain mengikuti pelatihan tersebut, para peserta mendapatkan bantuan berupa alat atau mesin pembuatan mebeler dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura. (Fan)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *