Example floating
Example floating
KABAR SENTANI

Dijadikan Lokasi Pasar Malam, Makam Tokoh Besar Papua Diabaikan

278
×

Dijadikan Lokasi Pasar Malam, Makam Tokoh Besar Papua Diabaikan

Sebarkan artikel ini
Lokasi makam Tokoh Besar Papua yang dijadikan arena pasar malam
Example 468x60

Paraparatv.id |Sentani|- Beberapa waktu lalu beragam aksi penolakan wacana pemindahan makam Theys Hiyo Eluay dilakukan baik seruan yang disebarkan secara daring maupun luring hingga aksi demontrasi yang dilakukan di Kantor Bupati Jayapura oleh Front Mahasiswa dan Rakyat Papua (FMRP), Kamis 16 Mei 2024.

Setelah aksi terakhir yang dilakukan itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura pun belum memberi jawaban apakah makam Tokoh Besar Papua itu bakal tetap dipindahkan atau tidak.

FMRP yang juga vokal untuk menentang wacana pemindahan makam itu pun kini tidak ada kabarnya.

Terbaru, lokasi sekitar makam Tokoh Pemersatu Rakyat Papua itu akan dijadikan lokasi Pasar Malam.

Meski akan dijadikan lokasi pasar malam, tampak makam tersebut dibiarkan terbengkalai.

Dari pantauan paraparatv.id sejak Senin 08 hingga Selasa 09 Juli 2024 tampak petugas dari pasar malam tengah merapikan, memangkas dan membersihkan rumput yang ada di lokasi tersebut.

Namun hal yang sangat disayangkan adalah lokasi makam dari tokoh besar Papua itu tidak tersentuh oleh mesin pemotong rumput petugas pasar malam tersebut.

Seorang warga Sentani yang enggan namanya diviralkan sangat menyayangkan panitia dari Pasar Malam yang dinilai hanya ingin meraup keuntungan sendiri tanpa memikirkan kebersihan makam tersebut.

“Sangat disayangkan sekali, masa dong (mereka) cari uang disini baru tidak bersihkan makam itukan keterlaluan sekali. Kalau mau kasih bersih, kasih bersih sekalian jangan cuma arena permainan saja yang dibersihkan” ucapnya, Selasa (09/07).

Dia juga mengimbau agar seluruh masyarakat Papua yang ada di Kabupaten Jayapura juga turut memperhatikan makam tersebut.

Karena menurutnya dari perjuangan yang dilakukan oleh mendiang Theys Eluay maka Otonomi Khusus bisa hadir dan membantu pembangunan segala sektor di Papua.

“Jangan cuma bersuara untuk tolak pemindahan makam saja, tapi untuk memperhatikan kebersihan makam tidak mau” tegasnya.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa Pemerintah Kabupaten Jayapura bakal memindahkan makam tersebut.

Kata Triwarno, untuk pemindahan makan tersebut Pemerintah Daerah sudah berkomunikasi dengan keluarga dari mendiang Theys Hiyo Eluay.

“Alasan pemindahannya untuk penataan Kota Sentani yang lebih baik. Untuk (rencana pemindahan) itu kita sudah komunikasikan dengan keluarga dan keluarga sudah setuju. akan dipindahkan ke Obhe Sereh” singkat Triwarno pada awal Mei saat dikonfirmasi paraparatv.id. (Arie)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *