Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITA

Ini Fungsi Tugas Pangkalan Utama TNI AL X Jayapura

65
×

Ini Fungsi Tugas Pangkalan Utama TNI AL X Jayapura

Sebarkan artikel ini
Komandan Satuan Kapal Patroli (Santrol) Lantamal X Jayapura Letnan Kolonel Laut (P) Dedi Obet Wayoi
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Komandan Satuan Kapal Patroli (Santrol) Lantamal X Jayapura Letnan Kolonel Laut (P) Dedi Obet Wayoi menjelaskan bahwa salah satu tugas pokok dari TNI AL khususnya Pangkalan Utama TNI AL X Jayapura ialah menjaga keamanan laut.

“Fungsi inilah menjadi kewenangan dan tugas komandan Lantamal X Jayapura yang dijabarkan dalam tugas Satrol Lantamal X Jayapura dalam hal operasi keamanan laut di Wilayah kerja pangkalan utama TNI AL X Jayapura,”ucapnya kepada media di kantor Satuan Patroli Lantamal X Jayapura. Jumat (15/3).

Selanjutnya pihaknya juga melaksanakan fungsi pencegahan dan penindakan terhadap para pihak yang hendak melakukan kegiatan atau tindakan menganggu keamanan di perairan laut pada wilayah kerja pangkalan utama TNI AL X Jayapura dimulai dari perbatasan Skouw kota Jayapura, Biak, Nabire, Serui.

“Fungsi kami selain itu juga menyiapkan personil dalam rangka mendukung tugas operasi yang diemban oleh Satrol dan kita melaksanakan semua sesuai dengan perintah Danlantamal X,”ujarnya

Sambungnya, Keamanan laut dan sekitarnya merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat dan bukan hanya Satrol Lantamal X Jayapura.

“Berbagai hal dapat terjadi di wilayah perairan laut seperti penyelundupan barang terlarang berupa ganja dan vanili dari PNG lalu penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan dan sebagainya,”jelasnya

Wilayah kerja lantamal X ujung tombaknya Satrol maka kita Satrol mempunyai kekuatan 3 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk beroperasi yaitu diantaranya kapal TNI-AL (KAL) , Patkamla (Patroli Keamanan Laut), dan Sireder.

“Yang pasti personil Satrol baik di KRI, KAL, Sireder dan Patkamla selalu terbina kemampuan kesiap siagaan tempurnya,”tutupnya (VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *