Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Sosial Budaya

Mensos Risma Salurkan Bantuan untuk Warga Melalui Gereja di Papua

308
×

Mensos Risma Salurkan Bantuan untuk Warga Melalui Gereja di Papua

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Tri Rismaharini memberikan bantuan logistik dan membuat lumbung lumbung sosial melalui gereja-gereja di Papua.

Bantuan tersebut disalurkan secara simbolis melalui gereja GKI, GIDI, Keuskupan dan Sinode Kingmi Provinsi Papua di Halaman Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Jayapura, Kamis (14/12).

Adapun bantuan antara lain yakni 20 ekor babi besar masing-masing 5 ekor berupa 4 ekor betina dan 1 ekor jantan, Peralatan Alat Tulis Kantor (ATK), infocus, AC, PC, laptop dan lainnya, hibah 4 mobil dari Kemensos (masing-masing mendapat 1 unit mobil), 100 PJUTS untuk Puncak Jaya dan Pegunungan Bintang (masing-masing 100 buah) dan bantuan modal kewirausahaan.

Mensos Risma mengatakan, pihaknya memberikan bantuan kepada gereja karena gereja biasanya lebih dekat dengan masyarakat dan jemaat.

“Jadi beberapa masalah yang kami temui tentang kelaparan, kami kerjasama dengan gereja dan itu cepat sekali, jadi begitu kita kirim masyarakat sudah ada disitu dan langsung dibagi jadi karena pengalaman itu maka kami membuat lumbung-lumbung sosial yang saya titipkan di gereja-gereja, memang disana alat geraknya sulit” Ucapnya

Risma mengungkapkan tidak membantu dengan memberikan makanan siap saji karena adat dan budaya di tiap daerah disesuaikan.

“Tahun lalu di daerah di sekitar Wamena, kita bantu beras, mereka tidak mau, maunya ubi. Kemarin saya tawari ubi-ubian, mereka minta beras. Jadi memang harus kita sesuaikan dengan kebutuhan mereka dan yang mengerti adalah pihak gereja serta Pemda setempat,” Ucap Risma.

Bantuan seperti ini belum selesai, Kemensos akan terus memberikan bantuan seperti ini di berbagai wilayah lainnya di Papua secara bertahap.

Sementara itu, Wakil Ketua I Sinode GKI di Tanah Papua, Pdt. Hiskia Rollo mengucapkan terima kasih kepada Kemensos atas bantuan yang disalurkan hari ini.

“Bantuan ini ditujukan khusus ke daerah pegunungan karena kita juga mendapatkan informasi dari Pemerintah, dari masyarakat bahwa terjadi yang namanya gagal panen,” ucapnya.

Menurutnya, kalau gagal panen di daerah pegunungan itu, otomatis mengakibatkan bencana kelaparan karena itu kerjasama dengan Kemensos ini, ia mengaku sudah tepat ditujukan kepada gereja-gereja karena pihaknya akan langsung memfasilitasi dengan selamat sampai di tempat tujuan.

“Kami jamin itu sehingga masyakat benar-benar mengalami sebuah sukacita bahwa dikala mereka membutuhkan makan dan minum ada orang tua mereka yang datang lihat. Terima kasih karena ibu Risma kami anggap sebagai seorang mama yang peduli terhadap kami,” Pungkas Pdt. Hiskia.(*/VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *