Target Meleset, Judo Papua Optimis Juara Umum

banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Lampaui target medali emas, cabang olahraga judo NPCI Papua tatap juara umum judo tunanetra.

Meski beberapa cabang olahraga telah berlaga dan meraup pundi-pundi medali emas, kontingen judo tunanetra Papua di Peparnas XVI perlahan menggondol medali emas di dua kategori.

Tambahan medali emas, datang dari kategori putra dan putri, diantaranya kelas -73 kg putra dan kelas -63 putri.

Saul Nicolaus Yandewoa sukses raih medali emas perdananya di ajang Peparnas XVI setelah memenangkan derby tuan rumah pada final kelas -73 kg putra.

Kategori lainnya, Nurul Fadillah, bertanding di kelas -63 putri, berhasil menambah koleksi medalinya.

Perolehan medali emas ini telah melewati target yang dicanangkan official tim judo Papua. Sebelumnya, Manajer tim judo mengatakan kepada ketua kontingen Papua dan Ketua NPCI Papua bahwa dari cabor judo tunanetra, pihaknya berharap dapat menyabet lima medali emas di 20 nomor yang dipertandingkan.

Hingga penyelenggaraan memasuki hari ke tiga, Rabu  (10/11/2021), kontingen Papua telah memperoleh 6 medali emas. “Kami mencanangkan target kala itu lima, kalaupun meleset, kami harapkan meleset ke atas (bertambah). Nah sekarang sudah perolehan enam medali, jadi artinya sudah meleset satu.” Ungkap Ahmad Bahar di venue Judo kepada wartawan lokal, Rabu, (10/11/2021).

Bahar menjelaskan bahwa perolehan 6 medali emas itu tidak terlepas perjuangan anak-anak asuhannya mulai dari tahapan latihan teknik maupun fisik hingga berlaga di ajang Peparnas XVI kali ini serta dukungan moral dan doa masyarakat Papua, “emas ini kami persembahkan untuk Papua!” tutup Ahmad Bahar.

Perlu diketahui, pejudo tunanetra Papua di ajang Peparnas XVI tahun 2021, rata-rata berprofesi sebagai tukang pijit, dan beberapa pelajar yang direkrut dan dilatih sejak tahun 2018 dimulai latihan dasar (basic) hingga menjalani masa pemusatan latihan di Surakarta, Jawa Tengah. (SA/ith)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *