Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Berita Foto

Rekam Jejak Prosesi Api Peparnas Papua

×

Rekam Jejak Prosesi Api Peparnas Papua

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Kirab Api Obor Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI 2021 dimulai dari pengambilan api dari kawasan Kampung Kaitemung, Distrik Nimboran-Genyem, Kabupaten Jayapura, Selasa (2/11/2021). Berikut prosesinya melalui foto tim paraparatv.

Prosesi pengambilan api dipimpin langsung Ketua Harian Panitia Panitia Besar Peparnas 2021 Doren Wakerkwa.

 

Prosesi mendapatkan api terbilang unik dan langka. Untuk mendapatkan api dilakukan dengan cara sangat tradisional, gunakan bantuan kayu dan batu serta semak kering.

Setelah api berhasil didapat, akan langsung disulut ke obor berdesain menyerupai menara pantau. Api kemudian diarak oleh rombongan pelari, termasuk 12 atlet disabilitas terbaik Papua 48 pelari didampingi unsur TNI dan Polri menuju kantor Bupati Jayapura.

Api diinapkan semalam di kantor Bupati Jayapura.  Satu hari setelahnya, dari Kantor Bupati, kirab api berlanjut melawati sejumlah titik hingga akhirnya tiba di kantor Wali Kota Jayapura. Pada hari kedua ini, pejabat setempat akan hadir bersama 10 anggota TNI/Polri, 6 atlet penyandang disabilitas, dan 10 partisipan masyarakat.

Kemudian pada 4 November, obor akan dibawa ke Gedung Negara dan 12 atlet disabilitas akan terlibat bersama pejabat setempat, 10 anggota TNI/Polri, dan 10 partisipan masyarakat.

Api akan disulut di kaldron Stadion Mandala, Kota Jayapura saat upacara pembukaan Peparnas Papua oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (5/11/2021). (Teks/Foto: Kominfo/Paraparatv)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *