Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITA

Operasi Zebra Matoa, Pelanggar Aturan Lalin dan Prokes Meningkat Di Sentani

×

Operasi Zebra Matoa, Pelanggar Aturan Lalin dan Prokes Meningkat Di Sentani

Sebarkan artikel ini
Nampak beberapa Anggota Satlantas Polres Jayapura saat melakukan Operasi Zebra Matoa di Pusat Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (3/11)
Example 468x60

Paraparatv.id, Sentani, – Polres Jayapura hingga tetap menggelar Operasi Zebra Matoa Tahun Anggaran 2020. Dalam Operasi Zebra Matoa kali ini sedikit berbeda dari operasi-operasi yang pernah dilakukan sebelumnya.

Menurut Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, sebelumnya dalam pelaksanaan kegiatan serupa lebih mengedepankan pendekatan sanksi hukum berupa penilangan bagi para pelanggar lalu lintas, namun kali ini pelaksanaan operasi zebra sedikit berbeda. Di mana, para pelanggar hanya diberikan sanksi teguran lisan dari pihak kepolisian. Hal lain yang juga cukup berbeda adalah terkait dengan Operasi Zebra Matoa yang dilakukan bersamaan dengan operasi yustisi penerapan protokol kesehatan terkait Covid-19.

Meski tidak menyebut angka pasti jumlah pelanggar, baik yang melanggar aturan lalu lintas dan penerapan aturan protokol kesehatan, namun Kapolres Victor Mackbon mengakui jumlah pelanggar yang berhasil terjaring dalam Operasi Zebra Matoa yang sudah dilakukan kurang lebih sepekan ini memang cukup tinggi.

“Secara umum kalau kita lihat sampai saat ini pada saat kegiatan operasi zebra matoa dan operasi yustisi terkait penerapan protokol kesehatan, jumlah pelanggaran itu memang meningkat,” kata AKBP Viktor Makbon kepada wartawan, Selasa (3/11/2020).

Dirinya menambahkan dalam kegiatan itu, pihaknya terus memberikan sosialisasi, baik mengenai aturan lalu lintas maupun mengenai kewajiban untuk menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, melalui operasi Zebra Matoa yang digelar serempak itu, pihaknya selalu turun ke lapangan terutama di beberapa titik yang dianggap menjadi pusat keramaian yang menyebabkan kemacetan.

“Kemudian di lokasi yang menyumbang angka pelanggaran tinggi itu juga menjadi sasaran kehadiran polisi,” ujar Kapolres Jayapura.

Untuk itu, pria yang pernah menjabat Kapolres Mimika itu meminta kepada seluruh masyarakat, khususnya para pengguna jalan agar mematuhi aturan lalu lintas sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, pihaknya juga meminta agar masyarakat turut serta membantu pemerintah dalam hal penanganan dan pembatasan terhadap penyebaran Covid-19 dengan menerapkan aturan kesehatan pada saat melaksanakan kegiatan di tempat atau fasilitas umum. (Irfan)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *