Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAKABAR KOTA JAYAPURAPendidikan

DukungGerakan Transisi PAUD ke SD, Pokja Bunda PAUD Kota Jayapura Gelar TOT

435
×

DukungGerakan Transisi PAUD ke SD, Pokja Bunda PAUD Kota Jayapura Gelar TOT

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Kelompok Kerja (Pokja) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Jayapura menggelar Training of Traners kepada Kepala sekolah tentang PAUD berkualitas, transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, pelayanan kesehatan dan perlindungan anak pada satuan Pendidikan PAUD di Kota Jayapura, kegiatan berlangsung di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Selasa (23/4).

Staf Ahli Wali Kota Jayapura Bidang Pembangunan, Ekonomi, Keuangan Frederik Awarawi, sekaligus membuka kegiatan, dalam sambutan Pj. Wali Kota Jayapura, Frans Pekey mengatakan Untuk menghasilkan Generasi masa depan dengan kualitas tinggi dan mampu berdaya saing dibutuhkan pola asuh dan pendidikan sejak dini. Penanaman nilai sejak dini menjadi krusial agar tidak terjadi krisis moral bagi anak bangsa di masa depan.

“Pendidikan bagi anak usia dini menjadi sangat penting untuk diterapkan dan sangat menentukan dalam rangka mendukung dan mendorong kemampuan dasar anak, agar dapat berkembang dan tumbuh secara baik dan benar,” Ucapnya

Menurutnya, Pelayanan kesehatan juga merupakan aspek yang tidak boleh diabaikan dalam konteks pendidikan anak usia dini.

“Penyediaan pelayanan kesehatan yang komprehensif di lingkungan PAUD dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak,” Ujarnya

Dirinya berharap para kepala sekolah yang hadir saat ini dapat menerapkan konsep yang benar pada orang tua dan anak didik di PAUD dan SD tujuan kita adalah membentuk anak agar dapat mengembangkan berbagai potensi baik fisik maupun psikis.

“Sehingga generasi penerus kota Jayapura dapat menjadi sumber daya manusia yang berkarakter cerdas dan berakhlak mulia karena apa yang kita bangun hari ini akan menjadi awal kesuksesan mereka sang pemimpin bangsa,” Pungkasnya

Sementara itu, Bunda Paud Kota Jayapura, Maria Yuvita Gobay Pekey menyampaikan sumber daya manusia merupakan suatu komponen utama yang menentukan kualitas pertumbuhan suatu bangsa atau negara.

“Sumber daya manusia ini apabila kita berbicara tentang PAUD maka ada sumber daya manusia kemampuan manajemen seorang kepala sekolah ada tenaga gurunya dan juga anak usia dini itu sendiri untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini maka kita harus saling berkolaborasi satu dengan yang lainnya, berkolaborasi dengan membangun kemitraan dengan pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan, dinas kesehatan, PKK dan lain sebagainya,”ucapnya

Dirinya menambahkan, 136 Kepala sekolah satuan PAUD yang ada di kota Jayapura pada hari kegiatan ini untuk diberdayakan peningkatan kapasitas dirinya agar optimal.

“Dikerahkan untuk dapat mampu mengelola semua sumber daya inputnya baik sumber daya manusianya kemudian keuangan dan lain sebagainya dan melalui proses, untuk proses di sini kita juga harus hargai karena setiap PAUD yang ada dikota Jayapura tentunya mempunyai karakter tersendiri dan mempunyai masalah-masalah tersendiri,”pungkasnya.

Menurutnya, kemampuan manajerial dari seorang kepala sekolah sangat penting sekali untuk mensinergikan mengkolaborasi semua kemampuan sumber daya inputnya,
sehingga dapat menghasilkan output yang berkualitas.

“Sumber daya input ini termasuk juga untuk yang ke SD di sini berarti ada anak yang akan masuk ke SD dengan melalui Paud dan tanpa melalui PAUD dan bahkan anak berkebutuhan khusus mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pelajaran pembelajaran yang baik dan yang sama setara, tidak boleh ada yang di beda-bedakan,”jelasnya.

Untuk para kepala sekolah yang mengikuti kegiatan diharapkan akan menjadi fasilitator, mediator atau pioner bagi kepala sekolah yang yang lainnya.

“Agar ini menjadi contoh baik sehingga ketika kita bekerja secara masif maka saya yakin dan percaya bahwa akan terjadi perubahan, kita akan bersama-sama dapat meningkatkan kualitas anak usia dini khusus di Kota Jayapura yang terpenting adalah motivasi yang kuat dari dalam diri seorang kepala sekolah atau bahkan guru-gurunya serta kemampuan manajerialnya untuk merangkul semua guru-gurunya memanfaatkan teknologi untuk sarana belajar dan juga punya daya kreativitas dan inovasi dalam pembaruan pembelajaran,”tutupnya (VN).

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *