Example floating
Example floating
BERITAPolitik

Bawaslu Yapen Terima 21 Laporan Dan 1 Temuan, Tunggu Laporan Lain Dalam Proses Penanganan

79
×

Bawaslu Yapen Terima 21 Laporan Dan 1 Temuan, Tunggu Laporan Lain Dalam Proses Penanganan

Sebarkan artikel ini
ofni Y Mandripon Ketua Bawaslu Kepulauan Yapen
Example 468x60

Paraparatv.id | Yapen | Ketua Bawaslu Kepulauan Yapen Hofni Y Mandripon saat di temui di Kantor Bawaslu Yapen, Kamis (29/2/24) mengungkapkan telah menerima 21 laporan dengan berbagai dugaan jenis pelanggaran Pemilu 2024 di Kabupaten Kepulauan Yapen serta adanya 1 temuan.

“dari laporan laporan yang masuk dalam proses pengkajian awal ada delapan laporan yang tidak diregister, tiga laporan proses perbaikan dan satu yang telah konfirmasi guna mencabut laporan”.ungkapnya.

Lanjutnya, Hofni sampaikan untuk laporan yang telah di register sebanyak sembilan laporan plus satu temuan saat ini sedang tahapan proses penanganan pelanggaran sesuai ketentuan peraturan Bawaslu No 7 Tahun 2022 terkait dengan penanganan temuan dan laporan.

Dijelaskan, proses penanganan pelanggaran Bawaslu harus secara prosedural memanggil para pihak termasuk saksi dari pelapor guna melakukan proses pengkajian bersama tim sentra gakkumdu.

“kita bersama rekan-rekan gakkumdu akan melihat terkait kesesuaian antara bukti yang di sampaikan dari pelapor, keterangan saksi maupun terlapor”.

Terkait dengan adanya laporan gudaan pelanggaran di TPS 2 Imandoa, saat ini sedang dalam proses penanganan pelanggaran oleh Bawaslu Kepulauan Yapen.

“kami akan memanggil para pihak baik terlapor maupun terlapor juga saksi, informasi yang di sampaikan sedang di lakukan proses pemanggilan terhadap terlapor, proses penanganan di bawaslu masih berjalan untuk menentukan arah apakah laporan memenuhi cukup bukti adanya dugaan pelanggaran pemilu atau tidak sehingga dapat di proses pada tahap selanjutnya”.

Untuk satu laporan temuan sendiri berkaitan laporan di kurudu dalam proses dan apabila akan di naikan pada tahap penyelidikan dan penyidikan akan di lakukan bersama – bersama pihak Gakkumdu.(HB)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *