Example floating
Example floating
KABAR SENTANI

Yo Khelu Mengge Dan Menggeuw Faa Hele Wabhou Kampung Sereh Resmi Dikukuhkan

194
×

Yo Khelu Mengge Dan Menggeuw Faa Hele Wabhou Kampung Sereh Resmi Dikukuhkan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id ǀ Sentani ǀ Pemerintahan Adat Kampung Sereh Kabupaten Jayapura menggelar Syukuran memasuki Tahun Baru 2023 sekaligus Pemilihan dan Pengukuhan Yo Khelu Mengge dan Menggeuw Faa Hele Wabhou Kampung Sereh, Kabupaten Jayapura periode 2023–2025.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Pimpinan Adat Kampung Sereh Ondofolo Yanto Komlay Eluay yang berlangsung di Heleybhey Obhe Kampung Sereh di Jalan Bestuur Pos Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (6/1).

Ondofolo Yanto Eluay usai melaksanakan prosesi pengukuhan, menjelaskan Yo Khelu Mengge adalah organisasi pemuda-pemudi asli kampung sereh, sedangkan Menggeuw Faa Hele Wabhou adalah pemuda-pemudi yang ibunya berasal dari Kampung Sereh.

“Keduanya mempunyai keterikatan, yang awalnya satu wadah organisasi di bawah Pemerintahan Adat Kampung Sereh. Hanya saja tahun ini kita pisah agar ada kompetitor dan persaingan yang sehat dalam rangka mereka menunjukkan ide-ide mereka, serta gagasan mereka untuk memajukan Kampung Sereh,” ujar Ondofolo Yanto Eluay, Jumat (6/1) sore.

Pria yang akrab disapa Ondo Yanto ini, menyebutkan dengan adanya dua organisasi ini mereka akan bersaing dengan program-program kerjanya, siapa yang lebih unggul yang belum terlalu terlihat saat masih menjadi satu organisasi.

“Kita juga sudah melakukan evaluasi dan terlihat pemuda Kampung Sereh ini belum ada kekompakkan, belum solid dan belum sinergi untuk membangun Kampung Sereh ini. Harapan kami sebagai pimpinan adat di kampung ini (ondofolo dan para kepala suku) bahwa kepemimpinan yang baru terpilih tadi bisa lebih baik lagi, lebih maksimal lagi dengan program-program yang akan mereka buat demi kemajuan dan nama baik Kampung sereh (Hele Wabhou) ini,” harapnya.

Pada pemilihan Yo Khelu Mengge terpilih sebagai sebagai Ketua yaitu Daniel Eluay yang merupakan ketua periode lalu dan terpilih kembali bersama Charles Assa sebagai Wakil Ketua.

“Jadi Daniel terpilih kembali, oleh sebab itu kami berharap ketua yang terpilih ini harus betul-betul lagi bekerja sebagai pimpinan dari organisasi pemuda-pemudi di kampung ini, harus betul-betul bisa melakukan yang terbaik. Yang kemarin harus banyak evaluasi, kenapa program-program tidak berjalan secara baik sehingga bisa dibenahi untuk kerja-kerja di dua tahun berikut ini dalam periode yang baru,” pungkasnya.

Sedangkan Ketua Menggeuw Faa Hele Wabhou ditentukan langsung oleh Ondofolo dan Kepala-kepala suku yaitu sebagai ketua dipercayakan kepada Haris Yoku dan wakil ketua Yanto Suebu.

Ondo Yanto juga berencana membentuk organisasi yang sama di kampung-kampung lain karena memiliki nilai kemanfaatan yang sangat baik, dimana saat terjadi persoalan di kampung, maka organisasi ini yang akan menjadi wadah untuk mempersatukan karena ada keterikatan dengan kampung ibu.

Organisasi ini juka akan menjadi pembelajaran kepada pemuda untuk berorganisasi secara baik, mandiri dan melatih kemepemimpinan mereka, sehingga akan muncul jiwa leadership pemuda yang berasal dari kampung. (RZR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *