Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
KABAR SENTANI

Sekda Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi Raih Gelar Doktor Dengan Predikat Cum Laude

54
×

Sekda Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi Raih Gelar Doktor Dengan Predikat Cum Laude

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana Salomina Hikoyabi berhasil menyelesaikan Program Doktoral dan meraih gelar Doktor Ilmu Sosial setelah berhasil melewati serangkaian ujian dan mempertahankan disertasinya pada Sidang Terbuka Promosi Doktor Program Pasca Sarjana Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, berlangsung di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Senin (7/11).

Hana Hikoyabi berhasil menyakinkan tim penguji melalui kajian ilmu pemerintahannya berjudul “Refungsionalisasi Kebijakan Untuk Peningkatan Peran Kepemimpinan Perempuan Dalam Jabatan Birokrasi Pemerintah Di Kabupaten Jayapura”.

Dalam kajiannya Hana Hikoyabi menyampaikan fakta-fakta empiris yang dihadapi kaum perempuan yaitu kurangnya kesempatan yang diberikan untuk mejalankan tugas-tugas penting yang selama ini didominasi oleh kaum laki-laki.

“Dalam kenyataannya, partisipasi kaum perempuan dalam menjalani sebuah proses kepemimpinan perempuan juga merupakan sumber daya yang potensial apabila diberikan kesempatan yang sama untuk berperan dalam berbagai aspek,” ujar Hana Hikoyabi saat menyampaikan disertasinya di hadapan Tim Penguji.

Dijelaskan, fakta empiris yang harus dihadapi perempuan adalah berbagai macam hambatan karena kurang teralkulturasinya aturan normatif sehingga belum melembaga secara mapan.

“Pada akhirnya pandangan masyarakat masih mengeneralisir pemahaman konvensional dalam pembagian tugas yang mengaharuskan peran perempuan yang hanya bergerak pada ranah domestik dan harus berjalan di bawah permukaan untuk melawan dominasi laki-laki, dalam rangka memperoleh posisi yang setara dan kesempatan yang sama untuk mendapatkan sesuatu,” ujar Hana Hikoyabi dalam disertasinya.

Beradasarkan kenyataan inilah, Hana Hikoyabi kemudian mengkaji peran-peran seperti itu dalam birokrasi khususnya secara lokal di Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura.
Tim penguji yang diketuai Prof. DR. Akbar Silo., M.Ec, menyampaikan bahwa Hana Hikoyabi, mahasiswa Program Doktoral Ilmu Sosial Pascasarjana Universitas Cenderawasih, sangat menyakinkan saat menyampaikan kajiannya, sehingga dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude.

“Sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor untuk pertanggungjawaban akademik terhadap hasil penelitian dalam rangka penugasan studi pada Program Studi Ilmu Sosial Bidang Kajian Ilmu Pemerintahan telah menimbang hasil studi, prestasi akademik dan jawaban-jawaban atas segala pertanyaan kritis, sanggahan dan klarifikasi oleh tim penguji, tim promotor dengan ini menyatakan bahwa saudara Hana Salomina Hikoyabi dinyatakan lulus dengan Predikat Cum Laude,” kata Tim Penguji Akbar Silo membacakan keputusan Tim Penguji yang sekaligus merupakan yudisium usai sidang doktoral tersebut.

Usai menerima gelar doktor, Hana Hikoyabi berharap ilmu yang telah diperoleh ini bisa disebarluaskan kepada perempuan-perempuan lainnya sehingga menjadi peluang untuk bisa menduduki jabatan strategis dalam pemerintahan, khusunya di Kabupaten Jayapura.

Kajian yang telah disampaikan dalam sidang ini selanjutnya dipersembahkan kepada Kabupaten Jayapura dalam rangka pengembangan SDM perempuan sekaligus menjadi motivasi kaum perempuan dalam meraih posisi atau jabatan-jabatan strategis di pemerintahan. (RZR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *