Example floating
Example floating
KABAR SENTANI

4 Kampung Di Kabupaten Jayapura Mendapat Anugerah Desa Wisata Kemenparekraf 2022

122
×

4 Kampung Di Kabupaten Jayapura Mendapat Anugerah Desa Wisata Kemenparekraf 2022

Sebarkan artikel ini
Bupati Kabupaten Jayapura Mathius Awiutauw (tengah) bersama 4 perwakilan penerimah anugrah Desa wisata Kemenparekraf 2022
Example 468x60

Paraparatv.id ǀ Sentani ǀ Bupati Jayapura Mathius Awoitauw kembali menerima Anugerah Predikat Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI untuk 4 kampung di Kabupaten Jayapura.

Penyerahan Anugerah Predikat Desa Wisata dilakukan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Papua mewakili Kemenparekraf, usai Bupati Mathius memimpin Apel Pagi di Lingkup Pemkab Jayapura, berlangsung di Lapangan Apel Kantor Bupati Jayapura, Senin (10/10) pagi.

Keempat kampung yang menadapat Predikat Desa Wisata tersebut adalah Kampung Youkiwa, Kampung Hobong, Kampung Doyo Lama dan Kampung Rhepang Muaif.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan dengan diberikannya Predikat Desa Wisata ini berarti di Kabupaten Jayapura sudah semakin banyak Kampung Wisata, setelah sebelumnya masyarakat mengenal Kampung Yoboi dan Kampung Tablanusu.

“Dengan adanya penyerahan Anugerah Desa Wisata ini sebagai bentuk apresiasi dari Kemenparekraf, dengan demikian akan memacu kampung-kampung yang lain untuk mengembangkan potensi di kampungnya untuk menjadi destinasi wisata, baik alam maupun budayanya,” ujar Bupati usai menerima Anugerah Desa Wisata dari Kemenparekraf di Lapangan Apel Kantor Bupati Gunung Merah Sentani, Senin (10/10) pagi.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan Pemkab Jayapura selama ini juga memberikan perhatian besar kepada kampung-kampung di Kabupaten Jayapura agar bisa menjadi andalan pariwisata untuk masa depan ekonomi dan kebangkitan dalam rangka menghadapi krisis-krisis ketahanan pangan yang sedang di hadapi seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

“Dan inilah satu titik awal yang baik untuk menggerakkan seluruh masyarakat terutama masyarakat adat di kampung-kampung bahwa kampung menjadi masa depan kita,” ungkapnya.

Bupati Mathius tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang terus memberi perhatian kepada Papua khususnya Kabupaten Jayapura diantaranya melalui sektor pariwisata dan berharap akan ada banyak lagi kampung wisata yang akan lahir di Kabupaten Jayapura.

“Terima kasih Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang memberi perhatian terhadap pengembangan di sektor ini,” Pungkas Bupati Mathius.

Untuk diketahui, Anugerah Desa Wisata ini diberikan kepada desa-desa yang dinilai berprestasi dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2022 yang diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga S. Uno.

Dalam iven ini terdaftar kurang lebih 3000 desa di seluruh Indonesia, sementara dari keempat kampung tersebut berhasil masuk dalam Kategori Terbaik 500 Besar yaitu Kampung Yokiwa dan Kampung Doyo Lama, sedangkan untuk Kategori 300 Besar yaitu Kampung Hobong dan Kampuang Rhepang Muaif. (RZR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *