Kepala Kampung Diminta untuk Transparan dalam Menggunakan Dana Desa

Paraparatv.id |Serui| Puluhan kepala Kampung dari seluruh distrik yang ada du Kabupaten Kepulauan Yapen diminta untuk dapat menggubakan dan mengelola Dana Desa dengan cara yang tranparan dan akuntabel.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Permberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Kepulauan Yapen, Januaris Lermatan.

Dia mengatakan, kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Silas Papare, Senin (08/08) itu, diikuti oleh 80 kepala kampung yang tersebar di seluruh distrik di daerah itu.

Dia mengungkapkan sosialisasi yang dilaksanakan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan para kepala kampung dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsinya dalam pengelolaan dana kampung agar tertib transparan dan akuntabel dengan sasaran terwujudnya tata kelola yang baik.

Dia melanjutkan, terlebih khususnya penyelenggara pengelolaan keungan desa agar sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola keuangan desa sebagaimana yang di maksud dalam undang – undang nomor 8 tentang desa yakni transparan, akuntabel, dan partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.


“tentunya untuk menambah pengetahuan para kepala kampung dalam rangka mengemban tugas dan fungsi agar tertib, dan akuntabel dalam menyasar anggaran dana desa”.tandasnya.

Sementara itu Tonny Tesar sebagai Bupati Yapen menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas kepala kampung, mulai dari perencanaan, pembelanjaan dan pertanggungjawaban dalam menggunakan dana desa karena mendapat perhatian dari pusat hingga daerah dimana saat ini realitanya pengelolaan dana desa ini belum maksimal.

Ia juga mengingatkan bahwa, pada penggunaan dana desa yang keliru akan berurusan dengan hukum, dikarenakan pengelolaan anggara diawasi pihak berwenang.

“Kita tetap tindak tegas jika ada penyalahgunaan anggaran, jangan semen-mena sama uang rakyat, harus transparan dan akuntabel, jangan sampai masyarakat marah- marah maka harus ada hasil yang bermanfaat untuk masyarakat”.(HB)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.