GTRA Kabupaten Jayapura Akan Lakukan Inventaris Tanah Objek TORA

Kepala BPR Kabupeten Jayapura, Yosef Simon Done
banner 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor pertanahan Kabupaten Jayapura membentuk  Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) dalam rapat koordinasi yang di gelar di Ballroom Suni garden Lake Hotel, Kamis (19/5/2022)

Pembentukan GTRA ini untuk menginventaris tanah obyek TORA (tanah Objek Reformasi Agraris) untuk dimanfaatkan kepentingan pemenuhan ekonomi masyarkat.

“Obyek TORA ini  terdiri dari tanah bekas HGU yang dijadikan Objek TORA atau tanah diterlantarkan dan  yang tidak dimanfaatkan masyarakat ,kita Tim GTRA ini akan berkoordinasi dengan SKPD terkait yang memberikan informasi tanah mana yang telah diterlantarkan sehingga layak dikelola, karena itu setelah jelas statusnya baru kita masukan ke paket program legalisasi Aset yang bisa kita sertifikatkan kita sertifikatkan, “ ujar Kepala BPR Kabupeten Jayapura, Yosef Simon Done kepada Media usai Kegiatan Pembukaan Rakor.

Kata dia, objek TORA BPN yakni Tanah terlantar atau tanah yang tidak dimanfaatkan bisa juga tanah bekas HGU yang habis masa berlaku atau diterlantarkan namun tidak bisa serta merta di jadikan objek TORA termasuk juga tanah Kawasan yang sudah dikeluarkan menjadi HPL.

“untuk Menetapkan status Objek TORA itu dibentuklah GTRA ketuanya Pak Bupati dan saya sebagai ketua pelaksana dari hasil itu kita akan rekomendasikan ke kementerian Kehutanan dan Lingkungan hidup jadi untuk inventaris itu tim yang kerjakan,” jelas Yosef.

Terkait kepemilikan tanah adat,  kata Yosef GTRA yang  dibentuk dimana didalamnya ada GTMA akan lakukan inventarisasi, sehingga bisa dilegalkan,  sementara tanah peninggalan belanda yang diklaim masyarakat adat  ia menyampaikan ini berhubungan dengan hukum ,karena secara hukum tanah nasional  kita sejak diberlakukan UU pokok Agraria tahun 1971 semua tanah peninggalan barat menjadi tanah negara untuk dikelola negara. (FB/AI)

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.