Prosesi Adat Papua Akan Warnai Penyalaan Api Obor Peparnas XVI

Logo Peparnas XVI Papua (IST)
banner 120x600



Paraparatv.id | Jayapura | Obor Peparnas XVI menjadi satu bagian dari Iven Peparnas XVI Papua 2021 yang pelaksanaannya penuh dengan nuansa sakral.
Yang mana, penyalaanya diawali dengan ibadah dan upacara adat, yang dilanjutkan dengan peresmian monumen Peparnas.
Api obor Peparnas pertama kali dinyalakan di sebuah lentera ynag disimpan di rumah adat Kampung Ketmung, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, Papua.
“Ondoafi yang akan menyerahkan lentera kepada tokoh agama Pdt. Albert Yoku untuk dibawa keluar dan digunakan menyalakan tungku menggunakan pemantik,” ungkap Chepy D. Djamback, Direktur PT Alphinindo Convex selaku Event Organizer (EO) obor Peparnas XVI saat dihubungi melalui sesulernya, Senin (1/11/21).
Dari tungku tersebut, api obor Peparnas dinyalakan, yang kemudian diserahkan kepada atlet Peparnas untuk dikirab hingga Gedung Negara Dok V Atas, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.
Untuk pelaksanaan seremoni penyalaan api obor Peparnas XVI, Chepy mengungkapkan bahwa hingga saat ini sudah hampir tuntas.
“Mendekati 100 persen persiapannya yang di Ketmung. Ini kita masih produksi, baik persiapan untuk pembuatan apinya juga sama produksi untuk acaranya besok,” ungkapnya lagi.
Untuk pembuatan lentera, tungku dan obor Peparnas sudah selesai.
Dan yang masih dalam proses pengerjaan adalah pembuatan kaldron (kuali) berbentuk tifa (alat musik khas Papua, di Lapangan Mandala yang penyalaan api di kaldron akan menjadi simbol dimulainya Iven olahraga nasional Peparnas XVI di Papua.
Untuk pertandingannya, akan digelar di Kota dan Kabupaten Jayapura, yang mempertandingkan 12 Cabang olahraga, dan diikuti para atlet dari 33 provinsi di seluruh Indonesia.(nr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *