Ini Filosofi Dari Lentera, Tungku, Obor, dan Kaldron Peparnas XVI

OBor, Kaldron, Lentera dan Tungku yang menjadi empat beda Sakral pada penyelenggaraan Peparnas XVI papua 2021(IST)
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Dalam rangkaian kirab obor Peparnas XVI, ada empat benda yang akan menjadi obyek utamanya, yaitu lentera, tungku, obor dan Kaldron.
Keempat benda tersebut, oleh manajemen PT Alphinindo Convex selaku Event Organizer (EO) obor Peparnas XVI, dibentuk dan diberi ornamen khas Papua.
Chepy D. Djamback, Direktur PT Alphinindo Convex selaku Event Organizer (EO) obor Peparnas XVI mengungkapkan, filosofi utama dari keempat benda sakral tersebut adalah budaya dan persatuan.
“Filosofinya lebih ke kebudayaan dan adat istiadat Papua dan mempersatukan lima wilayah adat di Papua dengan penuh kehangatan, jadi tidak ada perpecahan, semuanya kita bersatu,” ungkapnya saat dihubungi melalui sesulernya, Senin (1/11/21).
Diceritakan, banyak ukiran-ukiran khas Papua disematkan, ada maskot Peparnas hara dan wara, ada logo Peparnas XVI, merah putih, panah.
Untuk lentera, dibuat berbentuk honai, obor berbentuk menara pengawas, tungku berbentuk tugu dan Kaldron dibuat berbentuk tifa.
Tungku yang merupakan alat memasak tradisional yang dipakai oleh orang sejak jaman dahulu di hampir seluruh dunia dalam memasak makanan.
Terdapat lima batu yang diletakkan di sekeliling tungku yang menggambarkan lima wilayah adat di Papua.
Hal itu berfilosofi bahwa tungku tersebut menjadi pemersatu dengan penuh kehangatan dan kekeluargaan antara masyarakat dari lima wilayah adat di Papua maupun dengan seluruh masyarakat yang datang dari seluruh penjuru dunia.
“Di Peparnas inilah kita berharap semuanya bersatu, tidak ada perpecahan,” ujar Chepy.(nr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *