Example floating
Example floating
PEPARNAS PAPUA

Papua Kuasai Perolehan Medali Peparnas Hari Pertama Klasemen

133
×

Papua Kuasai Perolehan Medali Peparnas Hari Pertama Klasemen

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Atletik menjadi lahan subur panen kontingen tuan rumah pada hari pertama Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021.


Tercatat sebanyak delapan atlet merebut medali emas sepanjang lomba yang digelar di lintasan dan lapangan hijau Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Sabtu (6/11/2021).

Hasil tersebut menempatkan Papua pada urutan teratas klasemen medali sementara Peparnas XVI 2021 Papua.
Pada hari pertama, total ada 20 keping medali berhasil dikumpulkan Papua terdiri dari delapan emas, tujuh perak, dan lima perunggu.


Sebagaimana diungkap dalam release infopublik.id, atlet Papua bernama Abraham Elopere yang berhasil membuka emas perdana untuk kontingen Bumi Cenderawasih dari nomor lari 1.500 meter putra klasifikasi T20, sekaligus peraih medali emas pertama di Peparnas XVI.

Pelari berusia 32 tahun itu mencetak waktu tercepat empat menit, 22,63 detik. Pasokan emas berikutnya dihasilkan oleh Dapel Bayage dari nomor lompat tinggi putra klasifikasi T42, yang sukses melompat sejauh 1,70 meter pada usaha ke sepuluh.


Hasil itu membuat dirinya memecahkan rekor nasional dan menyamai rekor Asia. Di lempar cakram putra klasifikasi F11 Riyad Fallah menjadi yang terbaik dengan lemparan sejauh 25,67 meter.


Terpecut dengan prestasi rekan putranya, atlet putri Selvy Merryna ikut membawa pulang emas dari nomor 400 meter klasifikasi T54 dengan catatan waktu satu menit, 08,54 detik.


Pada nomor lempar lembing putri, giliran Ari Haningsi Dwi Astuti yang menyumbang emas pada klasifikasi F20 yang mencatat lemparan sejauh 35,05 meter.

Di lempar lembing putri klasifikasi F42, Alfonsina Ondi menyetor sekeping emas untuk Papua, yang mencetak lompatan terjauh di kelasnya, yakni 15,96 meter.

Di nomor lempar lembing putri klasifikasi F47 Maria Will menjadi yang terbaik dan sukses menyumbang satu emas bagi Papua, dengan lemparan 26,63 meter. Dari nomor lompat jauh putri klasifikasi T12, Yuliana Wouw menjadi yang terbaik dengan lompatan emas sejauh 3,94 meter.


Di urutan kedua diisi kontingen Jawa Barat yang memperoleh 18 medali terdiri dari delapan emas, tujuh perak dan tiga perunggu.


Di urutan ketiga ada kontingen Sumatera Utara dengan torehan 13 keping medali (tujuh emas, lima perak, satu perunggu).


Peringkat empat besar menjadi milik Jawa Tengah dengan dua emas, tiga perak, dan empat perunggu, disusul JambiĀ  di urutan kelima yang mengumpulkan dua emas, satu perak, dan satu perunggu.


Pada ekan paralimpik nasional kali ini, Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Papua menyiapkan 2.812 keping medali terdiri dari 861 emas, 861 perak, dan 1.090 perunggu yang siap diperebutkan pada 640 nomor perlombaan.

Para peserta Peparnas XVI akan bertanding pada 12 cabang olahraga di 12 venue yang terdapat di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Ke-12 cabang yang dilombakan pada Peparnas 2021 itu meliputi angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.(nr/redaksi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *