Bahas Keamanan, PB Peparnas XVI, Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Rapat Perdana

Suasana Rapat Bahas Keamanan bersama PB Peparnas, Polda Papua dan Kodam XVII/ Censerawasih (nr)
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura |  Sebagai persiapan pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-XVI Papua 2021, Panitia Besar (PB) Peparnas menggelar rapat di Mapolda Papua, Senin (25/10/21).


Rapat yang dipimpin Karo Ops Polda Papua, Kombes Pol. Tri Atmodjo M,S.SIK, dihadiri Ketua Harian PB Peparnas XVI, Doren Wakerkwa, Kaops Hawa Cartens, Kombes Pol. Sondang RD. Siagian,SH, Asops Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf. Terianto Napitupulu, Iven Organizer (EO) dan sejumlah pihak terkait.


Saat ditemui usai rapat, Doren Wakerkwa mengungkapkan bahwa rapat tersebut rapat pertama yang digelar bersama stakholder lain.


“Hari ini kita semua rapat dalam rangka bagaimana menyukseskan Peparnas ini tentang hal-hal teknis,” ungkapnya.
Dalam hal ini, kata Doren, membahas terkait bagaimana sistem pengamanannya, cara mengatur lalu lintas, dan bagaimana menyelesaikan permasalahan di Cabor-cabor.


“Kami harap ini rapat awal, kemudian kedepan bisa jalan bagus dan semua kompak untuk sukseskan kegiatan Peparnas ini,” harapnya.


Sementara itu, Karo Ops Polda Papua, Kombes Pol. Tri Atmodjo mengungkapkan bahwa untuk pengamanan selama berlangsungnya Peparnas melakukan pengamanan dengan sandi Hawa Cartens.


“Kita harapkan dengan operasi Hawa Cartenz ini memberikan kesejukan, dan situasi yang cukup dingin dan menyejukkan selama jalannya Peparnas,” ungkap Tri Atmodjo.


Hawa sendiri adalah singkatan yang kepanjangannya adalah Hara dan Wara yang merupakan nama mascot Peparnas XVI. Sedangkan Cartenz adalah nama salah satu puncak pegunungan di Papua yang bersalju.


Dalam pengamanan Peparnas, Polda Papua dengan dibackup Kodam serta Satpol PP, dan lain-lainnya, akan menurunkan 1062 personil, yang semua adalah personil TNI dan Polri yang ada di Papua.


“Untuk Peparnas ini kami tidak mendatangkan pasukan dari luar,” jelasnya.
Jumlah personil akan bertambah lebih dari dua kali lipat bila nanti yang membuka adalah Presiden Joko Widodo, yang pengamanan VVIP adalah menjadi tanggungjawab TNI.


Ia berharap Peparnas berjalan aman dan kondusif dengan tetap mematuhi prptokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.


Untuk diketahui, Peparnas akan berlangsung mulai tanggal 2 Nopember 2021 yang diawali dengan kirab api obor Peparnas dari Kampung Ketmun, Genyem, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura.


Dan seremoni pembukaannya (Opening Ceremony) akan digelar tanggal 5 November, sedangkan penutupannya (Clossing Ceremony) tanggal 15 November 2021 di Lapangan Mandala, Kota Jayapura.(NR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *