PON XX Papua pelayanan Kesehatan Dipastikan Maksimal

0
50
dr. Ni Nyoman Sri Antari

Paraparatv.id | Jayapura | Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dokter Ni Nyoman Sri Antari menyampaikan dukungan tenaga kesehatan, fasilitas kesehatan, serta anggaran akan diupayakan secara maksimal demi kesuksesan PON ke 20 di Kota Jayapura.

Saat ini Dinkes Kota Jayapura telah menerima bantuan fasilitas operasional berupa 4 unit mobil ambulance. Meski diakui Ni Nyoman, dukungan operasional tersebut belum mumpuni untuk kebutuhan di tiap venue yang ada di Kota Jayapura.

4 unit mobil ambulance yang telah ada ditambah dengan 7 unit mobil ambulance yang dimiliki pemda setempat, diharapkan mampu memobilisasi keadaan tentatif baik di venue maupun pelayanan kesehatan untuk bidang akomodasi.

“Kita berharap ngga ada kejadian yang luar biasa terjadi. Dengan ambulance yang minimal, kita baru mendapatkan bantuan 4 ambulance, sementara kita memetakan ambulance di Kota Jayapura kita hanya bisa memakai 7, jadi kita hanya punya 11 ambulance,” kata Ni Nyoman saat ditemui wartawan di depan Sekret Sub PB PON XX Kota Jayapura, Kamis (16/9) sore.

Dokter Nyoman menegaskan seraya berharap pelayanan kesehatan dapat terlaksana secara maksimal, “kita berharap banget terpenuhi kebutuhan untuk di venue-venue,” tukasnya.

Sumber daya manusia yang terlibat di bidang kesehatan perlu didukung dengan kucuran anggaran, dalam hal tersebut, ujar Ni Nyoman, pihaknya tetap mengupayakan dukungan anggaran baik melalui pemerintah provinsi atau kementerian kesehatan.

“Kami berharap bisa ada anggaran yang membekap, bagaimanapun ini perhelatan nasional, anggaran itu betul-betul harusnya di-prepare bagi kita. Kalau pun ada kekurangan-kekurangan saya yakin pemerintah pasti akan bekap,” ketusnya.

Ni Nyoman membeberkan tenaga kesehatan di tiap venue yang ada di Kota Jayapura, disiapkan sebanyak 115 nakes. Jumlah tersebut dipastikan Ni Nyoman siap sedia melayani di venue PON, meski demikian, Ni Nyoman mengantisipasi keadaan di bidang akomodasi, sehingga pihaknya mengerahkan para petugas pelayanan kesehatan masyarakat.
“Jadi kita sudah harus mem-prepare (mempersiapkan), dengan segala keterbatasan ini kami mencoba membagi dengan Puskesmas, karena Puskesmas garda terdepan kita.” Tandas Kepala Dinkes Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari. (AY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here