Example floating
Example floating
Kesehatan

Sampah tak terurus, Wakil Wali Kota temukan berbagai persoalan di TPA Sampah Koya Koso

141
×

Sampah tak terurus, Wakil Wali Kota temukan berbagai persoalan di TPA Sampah Koya Koso

Sebarkan artikel ini
Suasana TPA Koya Koso (foto: Syaiful)
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Wakil Wali Kota, Ir H Rustan Saru, MM di damping PLT. Dinas Lingkungan Hidup dan Jajaran tinjau Tempat Penampungan Akir (TPA) Sampah di kawasan Koya Koso, Selasa 19 Januari 2021.

Dari pantauan, ditemukan berbagai persoalan penanganan sampah di kawasan TPA yang tidak berjalan dengan baik, sehingga terjadi penumpukan sampah hingga ke jalanan dan halaman parker kendaraan.

Kadis PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup Saat meninjau Lokasi TPA Koya Koso

Wakil Wali Kota Jayapura mengatakan, dari patauan kami dilapangan, ditemukan sejumlah persoalan-persoalan yang dialami petugas dilapangan.

“Dari pertama kita masuk dari pintu utama, di kantor UPT, disana ada beberapa hal yang harus kita benahi, salah satunya adalah peralatan timbang yang sedikit error, karena harus berada pada tempat yang dingin,”kata Rustan Saru.

Wakil Wali Kota saat tinjau TPA Koya Koso, Selasa 19 Januari 2021

Selain itu, bangunan tempat penimbangan kendaraan terjadi kerusakan dana sarana air bersih yang terjadi kerusakan.

“Rangkanya ada sedikit yang rusak, ada juga layanan air bersih kita di lokasi,”jelas Wakil Wali Kota.

Lanjut wakil wali kota, hal yang paring serius dialami petugas di Lokasi TPA adalah lahan pembunimbunan sampah yang tidak merata sehinga terjadi penimbunan sampah yang cukup tinggi, dikarenakan terjaid kerusakan pada alat berat yang digunakan untuk meratakan timbunan sampah.

Rangka Bangunan Timbangan Sampa yang retak

“Akibat penumpukan sampah yang begitu banyak yang berum kita ratakan, karna alat berat kita yang bengusur meratakan dan menimbun sampah yaitu doser mengalai trouble sedikit,”jelas Rustan Saru.

Wakil Wali Kota berharap, hari ini bisa diperbaiki alat bertanya, sehingga dipastikan minggu depan bisa digunakan untuk meratakan timbunan sampah dilokasi TPA.

Suasana Sampah Jalan masuk TPA Koya Koso

Selain itu, pihaknya juga akan menambahkan alat berat untuk mengatasi permasalahan yang mendukung penanganan sampah di kawasan TPA Koya Koso yang tidak bisa dilakukan dengan 1 alat berat.

“Mangatasi solusi, kita akan menambahkan doser yang baru, yang siap dioperasikan dilapangan termasuk louder dan alat berta lainnya untuk mendukung operasional pematangan dan penataan sampah di TPA,”tegas Wakil Wali Kota.*(Redaksi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *