Tingkatkan Kwalitas Wasit Karate, PP KKI Gelar Refresing Via Zoom

0
80
Wakil Ketua Dewan Wasit PB Forki didampingi Ketua Harian Forki Kota Jayapura Saat memberikan seminar kepada Wasit juri dan pelatih di Sekretariat Forki Kota Jayapura.

Paraparatv.id | Jayapura | Guna meningkatkan  kwalitas Perwasitan/juri Karate Pegurus Pusat Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (PP-KKI) akan menggelar Penyegaran (refreshment) peraturan World Karate Federation (WKF) Februari 2020 secara nasional melalui media zoom, Sabtu 24 Oktober 2020, dengan pemateri dari Dewan Wasit PB Forki, Sense Menase Opur, SH.

“Di Karate Dunia WKF selalu ada perkembangan peraturan disetiap Event, sehingga di awal tahun 2020 dilaksanakan Kejuraan  Karate Dunia WKF Premier League terakhir di Dubai UAE bulan Februari 2020, sebelum kejuaraan  dilaksanakan Seminar Perwasitan yang intinya telah merefisi beberapa aturan yang langsung diterapkan pada kejuaraan itu,”tegas Menase Opur SH, saat di konformasi melalui Pesan Telepon, Sabtu, 17 Oktober 2020.

Menurut Menase, dimasa pendemi covid 19 yang mewabah diseanteru dunia, telah mempengaruhi seluru ivent internasional, nasional maupun daerah sehingga dirinya di undang memberikan materi kepada seluruh wasit juri KKI secara nasional melalui Apilkasi Zoom.

“Dengan mewabahnya Covid 19 yang melanda dunia menyebakan semua program olahraga tahun 2020 total ditiadakan,”kata Menase.

Dikatakan, peraturan terbaru wasit Juri perlu dilakukan kepada seluruh wasit juri di Indonesia, sehingga wasit juri yang akan memimpin pertanding dapat memahami benar aturan terbaru hasil seminar perwasitan di Dubai Uni Emirat Arab pada februai 2020.

“Tujuannya mecerdaskan wasit-wasit KKI dalam memahami Ilmu perwasitan RULE WKF dengan benar sehingga meningkatkan Kwalitas dan rasa percaya diri dalam rangka memimpin pertandingan atau meningkatkan Lecense kejenjang yang lebih tinggi,”jelas Menase.

Pemegang sabuk Hitam ini, mengakui khusus di Perguruan KKI masih ada wasit/juri yang kwalitasnya masih jauh dari yang harapkan sehingga belum bisa diberikan kesempatan untuk memimpin pertandingan di Tingkat Nasional.

“Banyak sekali wasit-wasit KKI yang  kwalitasnya kurang, sehingga setiap Kejuaraan Nasional dari waktu ke waktu, namanya Wasit tetapi tidak bisa memimpin karena Dewan wasit  sudah memahami kwalitas Wasit-Wasit yg bersangkutan sehingga tidak bisa ditugaskan,”ungkap Menase.

Dirinya mengharapkan melalui refresing wasit KKI dapat memberi motivasi dan semangat personal untuk selalu berusaha meningkatkan kemampuannya menjadi wasit Karate terbaik dan bertanggung jawab.

Sementara itu, selain PP-KKI yang akan disampaikan Oleh Wakil Ketua II Dewan Wasit PB Forki Hans Menase Opur,  PB Forki telah juga telah memberikan seminar Rule WKF sesuai dengan anggota Dewan Wasit dari masing – masing perguruan yakni perguruan INKANAS melalui Kejurnas Virtual KATA yang disampaikan ketua Dewan Wasit PB Forki Haifendri Putih,

WADOKAI Melalui Kejurnas Virtual KATA yang disampaikan anggota Dewan Wasit Robert Wendur,  Bandung Karate Club melalui Kejurnas Virtual KATA yang disampaikan  Sekretaris Dewan Wasit PB.FORKI Arif Nugraha.

Sementara AMURA melalui Kejurnas Open Virtual KATA disampaikan oleh Ketua Dewan Wasit PB.FORKI  Haifendri Putih

Sementara INKADO melalui Kerjurnas Virtual KATA yang disampaikan Wakil Ketua I Dewan Wasit PB. FORKI Achmad Yani Mahdi.**( Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here