Dua Tenaga Medis di RSUD Youwari Terpapar Corona, Satu Dinyatakan Sembuh

0
371
Direktur RSUD Youwari, dr. Petronella Risamasu

Laporan : Irfan

Paraparatv.id | Sentani |  Satu dari dua petugas kesehatan RSUD Youwari yang sebelumnya sempat dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 ternyata telah dinyatakan sembuh dan sudah diperbolehkan pulang serta sudah kembali beraktivitas.

“Satunya masih dirawat, sedangkan satunya sudah sembuh dan sudah pulang,” kata dr. Petronella Risamasu yang juga direktur RSUD Youwari,  Rabu, 6 Mei 2020.

Dikatakan, dua orang petugas kesehatan yang terpapar Covid 19 itu dipastikan akibat adanya kontak erat dengan para pasien Covid 19 saat penanganan yang dirawat di fasilitas kesehatan tersebut.

Menurutnya,  selama menangani pasien covid 19, para petugas kesehatan sudah mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan terkait penanganan terhadap pasien covid 19. 

“Mungkin terjadi kesalahan  saat mengganti APD setelah melayani pasien, saat itulah mereka terpapar,” jelasnya.

Dia mengatakan  dua orang pasien tersebut berasal dari  rumah sakit yowari dan satu orang lainnya berasal dari dinas kesehatan kabupaten Jayapura.

Menurutnya, para petugas medis memang sangat rentan terpapar Covid 19. Hal ini bukan saja karena persoalan ketersediaan APD saja tetapi yang paling penting adalah bagaimana petugas medis mengetahui cara pemakaian atau penggunaan APD tersebut.

“Termasuk yang paling penting adalah  kejujuran pasien, terkait statusnya apakah yang bersangkutan pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid 19,” ungkapnya.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here