Example floating
Example floating
BERITAEkonomi

BI Papua menyiapkan Rp.1,62 triliun untuk penukaran uang tunai Lebaran

65
×

BI Papua menyiapkan Rp.1,62 triliun untuk penukaran uang tunai Lebaran

Sebarkan artikel ini
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Faturachman
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Papua menyiapkan penukaran uang layak edar senilai Rp1,62 triliun untuk melayani kebutuhan masyarakat pada momen Ramadan dan Idulfitri 2024.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Faturachman menyampaikan
adanya persiapan uang baru layak selama Ramadan dan Idulfitri 2024 menjadi bagian dari program Serambi (Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri) 2024. KPW BI Papua telah menyiapkan Rp1,62 triliun atau meningkat sebesar 16,5 persen secara tahunan, untuk tahun lalu sebesar Rp1,39 triliun.

“Peningkatan mobilitas masyarakat pasca Covid19 aktivitas tahunan kegiatan mudik masyarakat pada momen Ramadhan dan Idul fitri, dari Rp1,62 triliun, sampai dengan tanggal 15 Maret 2024 sudah terserap115,3 miliar jadi beberapa bank sudah melakukan penyerapan untuk melayani masyarakat maupun nasabahnya,”jelas Faturachman kepada media di Jayapura, Selasa (19/3).

Selanjutnya, Layanan terkait dengan penukaran untuk periode RAFI 2024, Wilayah kerja KPwBI Papua selama tanggal 18 Maret sampai dengan 5 April 2024 Bank Indonesia berkolaborasi dengan perbankan.

“Kami juga telah bekerja sama dengan seluruh perbankan sebanyak 100 titik yang tersebar di seluruh Papua di wilker KPwBI Papua, yaitu mencakup 4 (empat) provinsi. Uang tunai yang disiapkan tersebut diproyeksikan akan terdistribusi melalui
penarikan uang oleh perbankan wilayah Kota/Kabupaten Jayapura dan 7 (tujuh) wilayah kas titipan Biak, Serui, Wamena, Merauke, Timika, Nabire dan Sorong,”ucapnya

Sementara untuk kas keliling reguler dipusatkan di keramaian sekitar Jayapura, seperti Pasar Hamadi, Pasar Youtefa, Pasar Skouw dan lainnya. Adapun untuk penukaran uang di mobil Kas Keliling Bank Indonesia maksimal Rp4 Juta per orang.

Dikatakannya seluruh rangkaian kegiatan Serambi 2024 tersebut akan dimulai melalui kick-off program pada 20 Maret 2024 di Lapangan di Lapangan Otonom Kotaraja Jayapura.

Menurutnya dengan diadakannya kegiatan penukaran uang rupiah layak edar melalui program Serambi 2024 ini, nantinya masyarakat umum tidak perlu repot-repot datang ke Kantor Bank Indonesia, tapi juga bisa melalui perbankan yang ada.

“Khusus untuk layanan penukaran di mobil Kas Keliling Bank Indonesia, masyarakat diharapkan melakukan pemesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR,” katanya.(VN)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *