Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
KABAR SENTANI

Permudah Layanan Kependudukan, Disdukcapil Buka Layanan di Mall Borobudur SCS

428
×

Permudah Layanan Kependudukan, Disdukcapil Buka Layanan di Mall Borobudur SCS

Sebarkan artikel ini
Dinas Dukcapil Kabupaten Jayapura ketika membuka pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan oleh stafnya di Mall Borobudur Sentani City Square (SCS), Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu, 9 September 2023
Example 468x60

Paraparatv.id  | Sentani | Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Jayapura melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) membuka pelayanan permohonan administrasi kependudukan (Adminduk) dengan sasaran para pengunjung di Mall Borobudur Sentani City Square (SCS), Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

“Hari ini saya juga perintahkan untuk sekalian membuka pelayanan administrasi kependudukan disini. Kita ganti suasana sedikitlah, apalagi orang kan banyak ke mall atau pusat perbelanjaan. Jadi, sambil pergi ke mall masyarakat juga bisa urus mereka punya administrasi kependudukan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Jayapura, Herald J. Berhitu kepada sejumlah wartawan disela-sela kegiatan tersebut, Sabtu, 9 September 2023.

Lanjut Kadisdukcapil Herald mengatakan, pelayanan yang dibuka oleh Disdukcapil yang akan berlangsung hingga malam hari di akhir pekan (weekend) itu untuk memberikan pesan kepada masyarakat bahwa pelayanan urusan administrasi kependudukan (Adminduk) yang selama ini dilakukan Disdukcapil bukan hal yang rumit.

“Selain menjadi hari libur, tapi hari Sabtu ini juga bisa kita gunakan sebagai hari pelayanan sambil akhir pekan (weekend). Ini juga satu bentuk (sarana) rekreasi untuk teman-teman staf Disdukcapil, sambil cuci-cuci mata dengan tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat di hari libur,” ujarnya.

“Pada prinsipnya, pelayanan Adminduk di pusat perbelanjaan atau mall ini untuk melayani masyarakat dalam rangka mempercepat kepemilikan dokumen atau administrasi kependudukan,” ucap Herald Berhitu menambahkan.

Dia mengatakan, pelayanan “jemput bola” di mall atau pusat perbelanjaan ini merupakan perdana dilaksanakan Dinas Dukcapil Kabupaten Jayapura.

“Untuk pelayanan di mall itu, di kepemimpinan saya ini baru pertama kali dilakukan,” katanya.

Pelayanan jemput bola di Mall Borobudur Sentani City Square ini, antara lain berupa perekaman KTP elektronik, pencetakan kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), identitas kependudukan digital (IKD), serta pencetakan akta kelahiran maupun akta kematian.

“Semua dokumen kependudukan dilayani dalam pelayanan jemput bola di pusat perbelanjaan kali ini. Karena saya ada buang informasi pelayanan administrasi kependudukan di grup-grup media sosial seperti WhatsApp.

Disamping itu, Herald pun menerangkan bahwa pihaknya ingin mengedukasi masyarakat dari segi kesadaran yang secara terus-menerus. Sebab, kata dia, dokumen atau adminduk sangatlah penting dan merupakan pintu masuk untuk pelayanan publik lainnya seperti ke perbankan, BPJS, membuat paspor, SIM, termasuk bantuan-bantuan sosial yang tentunya membutuhkan dokumen kependudukan.

“Kita lakukan pelayanan urusan adminduk di mall itu, agar masyarakat merasakan suasana baru, juga merasa dekat, tidak perlu lagi ke kantor dinas. Jadi, artinya masyarakat yang ingin berbelanja atau liburan ke mall, bisa sekaligus datang ke gerai Disdukcapil Kabupaten Jayapura. Kita akan layani mereka dengan sepenuh hati tanpa dipungut biaya dan dilakukan hingga malam hari,” terang mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura ini.

“Dalam pelayanan dokumen kependudukan di mall, itu semua bidang ada turun langsung melakukan pelayanan disini, seperti Capil, Dafduk dan PIAK, sementara di lantai dasar itu dari Bidang PDIP (Pemanfaatan Data dan Informasi Pelayanan) yang melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan,” pungkas Ketua Ikemal Kabupaten Jayapura ini. (Fan)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *