Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAPeristiwa

Eltinus Omaleng Kembali Aktif Sebagai Bupati Mimika

×

Eltinus Omaleng Kembali Aktif Sebagai Bupati Mimika

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id |Timika|Eltinus Omaleng diaktifkan kembali sebagai Bupati Mimika, Provinsi Papua Tengah. Pengaktifan kembali Eltinus Omaleng dan Pemberhentian Valentinus Sumito ditandai dengan penyerahan SK pengaktifan oleh Pj Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM kepada Eltinus Omaleng, dilanjutkan dengan penandatangan memori jabatan, Senin (4/9/2023) di Gedung Eme Neme Yauware.

 

Eltinus Omaleng diaktifkan kembali berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian nomor 102.1.3-3640 tahun 2023 tentang pengaktifan kembali Eltinus Omaleng sebagai Bupati Mimika dan Pemberhentian Penjabat Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito.

 

Pj Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos., MM mengungkapkan proses pengaktifan Eltnius Omaleng menjadi Bupati Mimika karena yang bersangkutan dinyatakan tidak bersalah berdasarkan putusan pengadilan tindak pidana korupsi pada Pengadilan Negri Makassar.

 

“Pengadilan Negeri Makassar Nomor 2/PID.SUS-TPK/2023/PN MKS Tanggal 17 juli 2023, bahwa Eltinus Omaleng terdakwa melakukan perbuatan yang didakwakan tetapi bukan merupakan tindak pidana dan melepaskan terdakwa dari segala tuntutan hukum serta memulihkan hak-haknya dalam kemampuan, kedudukan, harkat serta martabatnyam,” jelasnya.

 

Ribka Haluk menyampaikan siapa pun masyarakat di Indonesia tidak ada yang kebal akan hukum dan tebang pilih. Ia mengingatkan siapa pun yang melanggar hukum akan diproses hukum dan hukum pula yang akan menegakkannya.

 

“Apa yang dialami Pak Eltinus Omaleng adalah sebuah edukasi hukum yang baik bagi kita di Tanah Papua bahkan di negara kita, karena dihadapan hukum beliau mampu membuktikan dirinya tidak bersalah dan hukum pula yang mengembalikan jabatannya,” tegasnya.

 

Ribka Haluk menyampaikan pesan dari Kemendagri kepada Eltinus Omaleng tentang program prioritas nasional yang segera dilaksanakan kedepan antara lain upata penghapusan kemiskinan ekstream target nasional maksimal 13 persen, penanganan stunting menuju 0 persen pada tahun 2024, pengendalian inflasi daerah, penyelenggaraan pendidikan dan kesehatan, serta secara khusus pesan Mendagri agar membangun rumah sehat dan rumah layak huni bagi masyarakat Mimika secara khusus yang tinggal di daerah Pelabuhan Pomako.

 

“Terakhir untuk melakukan persiapan penyelenggaraan pemilu Tahun 2024 atau persiapan anggaran untuk KPUD, Bawaslu dan TNI Polri selaku pengamanan. Kepada Bupati kami harapkan tahun ini agar segera melakukan hibah anggaran 40 persen, ini wajib dilakukan. Lalu sisanya 60 persen untuk disiapkan dianggaran tahun 2024,” tuturnya.

 

Sementara itu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI dan Mendagri yang telah mengaktifkannya kembali menjadi Bupati Mimika. Bahkan tak luput ucapan terima kasih disampaikannya kepada Pj Gubernur papua Tengah dan mantan Pj. Bupati Mimika yang telah memberikan perhatiannya dan juga bersedia menggantikan posisinya selama tidak berada ditempat.

“Saya berharap dengan kembalinya saya menjadi kepala daerah di Mimika seluruh ASN dan masyarakat bisa membantu dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab saya menjalankan roda pemerintahan. Saya juga mengajak untuk kita semua bekerja dengan baik dan jujur di atas tanah ini, sehingga apa yang menjadi visi dan misi kita bisa terlaksana dengan baik. Mari kita berdiri sebagai saudara dan saling berganteng tangan untuk tetap bersatu membangun Mimika,” pungkasnya.

 

Sedangkan mantan Pj. Bupati Mimika, Valentinus Sumito  mengatakan selama kurang lebih dua setengah bulan memimpin Mimika, menilai para Kepala OPD dan ASN disana bisa bekerja dengan baik dan mendukungnya penuh. Ia berharap capaian kinerja para ASN ini dapat dipertahankan.

 

“Prinsipnya kami tidak merubah program Eltinus Omaleng, karena kami yakni visi misi Bupati Mimika kami kawal dengan baik bersama perangkat yang ada. Ada beberapa hal yang kami tambahkan dan mudah-mudahan ini menjadi perhatian kita bersama, yakni kita membuat program padat karya di kecamatan, kemudian penambahan honor guru dan ada program perumahan rakyat. Nanti tinggal Bupati mau melanjutkan atau tidak. Dan tentunya saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menerima saya dengan baik disini,” katanya. (Redaksi)

 

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *