Example floating
Example floating
BERITA

Road Show BTM di Kota Ombak Sarmi Bertemu Para Nelayan

129
×

Road Show BTM di Kota Ombak Sarmi Bertemu Para Nelayan

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Sarmi | Belum lama ini Pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua dipimpin Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, Dr. Benhur Tomi Mano, MM melakukan road show ke wilayah Kabupaten Sarmi dan Mamberamo Raya.

Road show ini dalam rangka menggelar rapat konsolidasi dan evaluasi penjaringan bakal calon legislatif (Caleg) di kedua kabupaten wilayah Tabi itu, Jumat lalu (3/3/2023).

Disela – sela road show pengurus partai lambang banteng bermoncong putih itu juga berkesempatan memberikan bantuan bahan makanan (Bama) kepada para nelayan.

Dalam pemberian bama berupa sembako itu BTM sapaan akrabnya di dampingi Wakil Ketua Bidang Pertanian, Perikanan dan Kelautan Jhon Y. Betaubun, SH. MH bersama sejumlah pengurus DPD serta DPC Kabupaten Sarmi dan Mamberamo Raya menyerahkan bantuan tersebut.

Walaupun mengemban misi berat partai untuk memenangkan PDIP di wilayah Tabi dan Saireri sebagai provinsi induk Papua. Mantan Walikota Jayapura dua periode ini juga dipercayakan pemerintah pusat sebagai Tenaga Ahli Menteri Sosial Republik Indonesia di Bidang Rehabilitasi Sosial.

Dijelaskannya saat ini Kementerian Sosial sedang mendidik anak-anak Papua membuat perahu di Departemen Teknik Perkapalan (DTP) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Bahkan mereka sudah bisa membuat kapal untuk para nelayan.

“Kami rekrut anak – anak Papua yang potensial dari Kabupaten Sarmi, Yapen, Waropen, Mappi dan disana mereka dilatih, bisa membuat kapal ikan. Kapal ini bisa dioperasikan sampai ke Kasonaweja, dan Teluk Teba (wilayah Kabupaten Mamberamo Raya-red),”jelasnya.

Selain itu juga Kemensos sudah membantu masyarakat menanam padi dan tinggal dipanen.

“Bulan Juni 2022 lalu, saya menyerahkan 50 unit sepeda bantuan Menteri Sosial, Ibu Tri Rismaharini kepada anak SD dan SMP di Kampung Arbais Distrik Pantai Barat,”tuturnya.

Selain itu Kemensos – RI , telah membuka 10 hektar lahan untuk menanam pepaya dan pisang. Nantinya juga akan dibangun SPBU di dua titik di Kabupaten Sarmi yang berjuluk kota ombak.

Pendirian SPBU ini tentunya untuk membantu masyarakat. Saat ini tinggal menunggu ijin membangun yang diterbitkan oleh Pj Bupati Sarmi Markus Mansnembra.

“Hari ini kami dari pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, datang membawa sedikit bantuan untuk para nelayan. Nantinya juga akan dibuat kartu nelayan dan koperasi nelayan,” janjinya.

Untuk itu kepada masyarakat di pesisir Sarmi, dirinya berpesan harus makan ikan supaya pintar dan cerdas. Apalagi Presiden RI Joko Widodo saat ini sedang gencar-gencarnya menurunkan angka stunting di Indonesia.

Bekerjasama Dengan Kemensos
Senada dengan itu Jhon Y Betaubun yang saat ini juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Jayapura, mengatakan Partai PDIP akan bekerja sama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk mendorong bantuan-bantuan yang berpihak kepada masyarakat Nelayan.

Sementara itu salah satu nelayan bernama Melky Nalar mengungkapkan saat ini para nelayan sangat membutuhkan bensin.

“Selama ini kami bergabung dengan POM bensin yang ada, tetapi kami selalu dipermainkan,” ungkapnya.

Namun diakuinya ada waktu-waktu untuk memberikan kesempatan kepada nelayan dari pihak POM Bensin. Akan tetapi ada juga sewaktu – waktu mereka seperti dipersulit.

“Jadi, kami minta bantuan dari Kemensos untuk membangun POM bensin, sehingga kedepan kita bisa mendapat bensin dengan bebas,”harapnya.

Seraya memberikan contoh, jika hari ini para nelayan bisa membeli bensin dan melaut. Namun harus menunggu waktu selama tiga hari lagi untuk bisa mendapatkan bensin.
“Ini membuat kebutuhan kami akan bertambah sulit,”keluhnya. (Zahra)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *