Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
AdvetorialBERITAEkonomi

PLN Buka Kolaborasi Global Tingkatkan Kapasitas SDM Untuk Transisi Energi

×

PLN Buka Kolaborasi Global Tingkatkan Kapasitas SDM Untuk Transisi Energi

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Jakarta | PT PLN (Persero) sepakat salah satu kunci penting dalam keberhasilan transisi energi adalah kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu PLN siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan standarisasi kompetensi SDM menghadapi agenda transisi energi.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan transisi energi tidak bisa dihindari, maka untuk bisa menjalankan target ini perlu adanya penguatan di sisi _human capital_.

“Transisi energi ini penting. Semua belahan dunia melakukan transisi energi. Untuk itu, kesiapan sisi _human capital_ ini menjadi sangat penting,” ujar Rida yang mewakili Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam acara Human Capital Summit yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa (21/3).

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) Prahoro Yulijanto Nurtjahyo menjelaskan, sejak dimulainya _roadmap_ menuju _net zero emission_ (NZE) di tahun 2060, Human Capital Summit merupakan _event_ pertama yang diadakan terkait penyiapan _human capital_ untuk menyongsong transisi energi. Untuk itu, peningkatan kapasitas SDM ini butuh kolaborasi bersama.

“Saat ini bukan eranya kita jalan sendiri-sendiri, perlu kolaborasi apik nan cantik yang bisa membawa kita bersama-sama menuju tujuan ini (NZE 2060). Tidak hanya dari sisi _policy maker_ dan program saja tetapi juga kompetensi dari SDM,” ujar Prahoro.

Dalam mengadaptasi transisi energi ini, PLN tidak hanya menjalankan beberapa inisiatif dari sisi pembangkitan dan infrastruktur, tetapi juga dengan memperkuat kapasitas SDM Insan PLN.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan PLN memperkuat kebijakan internal untuk mengelola transisi energi dan resiko iklim dengan menetapkan Peraturan Direksi tentang Kebijakan Strategis Penanganan Perubahan Iklim. Selain itu PLN juga melakukan banyak program _capacity building_ SDM serta mengakselerasi kemampuan SDM melalui berbagai pengayaan dan tambahan keilmuan.

“Di situ kita siapkan bagaimana mengelola emisi, mitigasi, _funding_, termasuk yang saya sampaikan yang paling penting adalah menyiapkan program _capacity building_ SDM,” kata Darmawan.

Bahkan kata Darmawan, PLN tak segan mengirimkan SDM terbaiknya untuk menimba ilmu ke luar negeri. Menggandeng lembaga internasional, seperti USAID, United Nations Office for Project Service (UNOPS), World Bank, Asian Development Bank (ADB), Japan International Coorperation Agency (JICA), dan Kedutaan New Zealand, PLN membuat SDM menjadi lebih lincah dan adaptif.

“Yang kami butuhkan saat ini adalah kolaborasi, sinergi, kerja sama dengan berbagai organisasi dari dalam negeri dan luar negeri guna mendorong transisi energi ini. Sebagai jantung perekonomian Indonesia, seluruh kekuatan yang dimiliki PLN merupakan tonggak utama perjuangan transisi energi,” pungkas Darmawan. (*/Redaksi)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *