Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAKABAR SENTANI

WBK Sejak 2018, Polres Jayapura Komitmen Menuju WBBM

×

WBK Sejak 2018, Polres Jayapura Komitmen Menuju WBBM

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Kepolisian Resor (Polres) Jayapura melakukan Penandatangan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) bersama stakeholder terkait.

Acara ini dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, Dandim 1701/Jayapura Kolonel INF. Richard Arnold Sangari, Kajari Jayapura Lukas A. Sinuraya, Ketua Pengadilan Negeri Jayapura Derman P. Nababan, Basarnas Jayapura yang diwakili Kasi Ops Marinus B. Ohoira, para Pejabat Utama serta anggota Polres Jayapura, berlangsung di Aula Obhe Reay May Polres Jayapura, Senin (13/02) pagi.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A. Maclarimboen, mengatakan sejak 10 Desember 2018, Polres Jayapura menyandang predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Republik Indonesia.

Tidak sampai disitu, kata Kapolres, setiap tahun Polres Jayapura berkomitmen untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dengan melakukan penandatanganan komitmen bersama stakeholder terkait.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A. Maclarimboen, saat diwawancarai menjelaskan tiap tahun terus berupaya memenuhi indikator-indikator penilaian agar Polres Jayapura mencapai predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Momentum ini sebenarnya setiap tahun digulir bahwa kami Polres Jayapura sejak tahun 2018 sudah mencapai predikat WBK, untuk menuju WBBM memang belum terpenuhi, karena ada syarat-syarat yang harus kita penuhi, salah satunya penandatangan komitmen bersama ini, selain dengan itu kita memperbaiki juga kinerja unsur-unsur pelayanan, baik yang ada di Polres maupun di Polsek,” terang Kapolres.

Ditegaskan, bahwa sejak tahun 2019 hingga 2022 lalu, Polres Jayapura sudah berusaha mencapai WBBM, namun belum berhasil untuk bisa masuk nominasi.

“Karena ada indikator-indikator yang digunakan Keman Pan-RB untuk peningkatan bagaimana dari status WBK menjadi WBBM, jadi memang perlu pembenahan. Nah disini juga harus ada inovasi yang perlu dikembangkan satuan unit kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, sebelumnya predikat WBK berhasil diperoleh melalui inovasi RM Papeda dan tetap itu masih berjalan ditambah lagi dengan Program GABUS dan pelayanan yang lain. Sehingga harapannya, bagaimana pelayanan kepada masyarakat dapat lebih mudah cepat dan tepat.

“Pastinya kita akan terus berupaya untuk memenuhi kriteria yang diberikan oleh Kemen PAN-RB agar bisa mencapai predikat WBBM,” pungkasnya.

Sementara di tempat yang sama usai penandatanganan Komitmen bersBama, Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, menyampaikan apresiasinya.

“Kita tahu reformasi birokrasi terus bergulir dan berlanjut, Polres Jayapura yang sudah mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi sejak 2018 itu sangat luar biasa dan kami memberikan apresiasi atas pencapaian dan upaya mempertahankan komitmen itu. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi sehingga bisa mencapai predikat WBBM,” tutupnya. (RZR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *