Example floating
Example floating
BERITASosial Budaya

Tarian Ale Pangganyung dan Lemon Nipis Meriahkan Acara Lepas Sambut Keluarga Besar Mano

157
×

Tarian Ale Pangganyung dan Lemon Nipis Meriahkan Acara Lepas Sambut Keluarga Besar Mano

Sebarkan artikel ini
Tarian Ale Pangganyung mengawali acara lepas sambut keluarga Mano, Jumat (3/2).
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Keluarga besar Marga Mano, Kampung Tobati Jayapura, Papua menggelar acara lepas sambut Tahun Baru 2022 – 2023.

Tarian Ale Pangganyung khas Port Numbay menjadi pengantar acara lepas sambut keluarga besar Mano.

Acara tersebut dilaksanakan di kediaman mantan Wali Kota Jayapura 2 periode, Benhur Tomi Mano yang berada di jalan Jeruk Nipis, Kotaraja, Jumat (2/2).

Acara lepas sambut ini menjadi spesial karena selain tamu undangan, sebagian besar penari merupakan mama-mama dari teluk Port Numbay.

Direncanakan usai pukul 18.00 WIT, acara lepas sambut akan dilanjutkan dengan tarian Lemon Nipis hingga pukul 00.00 WIT.

Benhur Tomi Mano dalam sambutannya mengatakan bahwa dua tarian tersebut merupakan tarian khas yang menggambarkan suka cita masyarakat port Numbay.

Selain itu, tarian Ale Pangganyung dan Lemon Nipis juga merupakan tarian pergaulan dan kebersamaan.

“Mama-mama mengenakan kebaya warna warni dalam satu kapal dibuat menuju pelabuhan yang menggambarkan kebersamaan dan suka cita,” katanya.

Selaku Dewan Kesenian Tanah Tabi, ia menjelaskan tarian Ale Pangganyung dan Lemon Nipis merupakan kekayaan dan warisan budaya yang harus dilestarikan.

“Tarian ini merupakan budaya yang harus kita lestarikan hingga pada anak cucu kita, tidak boleh hilang,” jelasnya. (KR).

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *