Example floating
Example floating
BERITAKABAR KOTA JAYAPURA

HPSN 2023, Pemkot Jayapura lakukan aksi pungut sampah dan kampanyekan lingkungan bersih

143
×

HPSN 2023, Pemkot Jayapura lakukan aksi pungut sampah dan kampanyekan lingkungan bersih

Sebarkan artikel ini
ASN Kota Jayapura saat gelar aksi bersih sampah di pantai Holtekam, Sabtu (18/2)
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura menggelar aksi pungut sampah di kawasan car-free day Holtekamp dan Jembatan Merah Youtefa, Sabtu (18/2).

Hal itu dilakukan sebagai kampanye peningkatan kepedulian atas sampah yang dihasilkan sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kota Jayapura yang jatuh pada 21 Februari mendatang.

Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey mengatakan aksi pungut sampah dilakukan bukan hanya seremonial semata melainkan untuk menggerakan masyarakat agar peduli terhadap lingkungan.

Frans mengatakan, kegiatan pungut sampah belum dilakukan sepenuhnya dengan masuk ke wilayah mangrove Holtekamp yang menurutnya banyak dipenuhi sampah.

“Masyarakat dan setiap komunitas harus menjaga kebersihan kota Jayapura. Banyaknya sampah hari ini menunjukkan masih kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan,” jelasnya.

Karena itu, Frans mengajak masyarakat Kota Jayapura untuk bertanggung jawab atas setiap sampah yang dihasilkan.

“Saya mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan. Dimulai dari rumah dengan membuang sampah pada tempatnya,” jelasnya.

Sementara Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Jayapura, Dolfina Dece Mano mengatakan Pemkot Jayapura terus berinovasi dalam melakukan pengelolaan sampah.

Didukung Peraturan Daerah (Perda) Kota Jayapura nomor 13 tahun 2017 tentang pengelolaan kebersihan, program adaptasi dan mitigasi lingkungan bagi masyarakat agar menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat.

“Pemkot Jayapura terus membangun partisipasi publik dalam memilah sampah. Tentu, kita semua juga bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkan setiap hari,” katanya. (KR).

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *