Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAKesehatan

Dinas Kesehatan Provinsi Papua Perkenalkan Vaksin PCV dan Rotavirus,
Dinkes : Vaksinasi PCV Masuk Program Imunisasi Rutin

×

Dinas Kesehatan Provinsi Papua Perkenalkan Vaksin PCV dan Rotavirus,<br>Dinkes : Vaksinasi PCV Masuk Program Imunisasi Rutin

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id |Jayapura | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, melalui Dinas Kesehatan memperkenalkan vaksin
Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) dan Rotavirus.

Sejak bulan September 2022, Kementerian Kesehatan telah menginstruksikan pemberian tambahan imunisasi PCV dalam imunisasi rutin bagi bayi guna memperkuat kekebalan anak terhadap Pneumonia.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dr. Robby Kayame, SKM, M.Kes, saat menyampaikan Press Release Imunisasi PCV dan Rotavirus kepada awak media di salah satu hotel di Padang Bulan, Jayapura Papua, Kamis, (2/2)

“PCV atau Pneumonia Conjugated Vaccine adalah vaksin yang diyakini mampu mencegah anak dari terinfeksi Bakteri Pneumokokus yang merupakan penyebab 50% kasus pneumonia di Dunia,”ujar Robby

“Vaksin PCV diberikan dengan cara disuntik masing-masing satu kali pada anak berusia 2 bulan, 3 bulan, dan 12 bulan. Pemberian imunisasi DPTHb-Hib dan PCV bagi bayi ditambah dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat diharapkan akan mampu memberikan kekebalan seoptimal mungkin bagi anak dari Pneumonia. Pemberian imunisasi PCV sebagai bagian dari program imunisasi rutin akan dilaksanakan di semua Kabupaten/Kota di Indonesia termasuk Papua secepatnya,”jelasnya.

Imunisasi ini diberikan sebanyak 3 kali pada bayi berusia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan dengan cara ditetes. Imunisasi rotavirus mampu mencegah diare karena rotavirus yang merupakan penyebab lebih dari 50% diare di seluruh dunia.

“Pemberian imunisasi rotavirus telah dilaksanakan di 2 kabupaten/kota terpilih sesuai keputusan Kementerian Kesehatan di Provinsi Papua, yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Merauke,”ujar Robby.

“Imunisasi PCV dan rotavirus bisa didapatkan di Puskesmas atau posyandu terdekat secara gratis. Kedua jenis imunisasi ini sudah terbukti aman dan bermanfaat karena sudah digunakan di lebih dari seratus negara di Dunia dan berhasil memberikan penurunan angka pneumonia dan diare yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Imunisasi PCV dan Rotavirus juga aman untuk diberikan bersama sama dengan imunisasi rutin lainnya, seperti BCG, MR, DPTHb-Hib, IPV atau Polio jadi jangan takut dan jangan tunda,”pungkasnya.

Dinas Kesehatan Provinsi Papua saat ini sudah menyiapkan seluruh vaksin yang dibutuhkan untuk kedua jenis imunisasi ini, dan melakukan sosialisasi kepada nakes nakes yang ada di Papua untuk kesiapan pelaksanaannya.(*/SIL)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *