Example floating
Example floating
BERITAKABAR SENTANI

Pembakaran Sampah Diduga Penyebab Ratusan Kios dan Ruko Di Pasar Pharaa Sentani Terbakar

168
×

Pembakaran Sampah Diduga Penyebab Ratusan Kios dan Ruko Di Pasar Pharaa Sentani Terbakar

Sebarkan artikel ini
Petugas damkar dan ara berjibaku dengan api yang membakar pasar pharaa
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Diduga akibat Warga membakar sampah diarea Pasar Pharaa Sentani, Kabupaten Jayapura, los pasar luder terbakar, Jumat petang (6/1)

Data diperoleh, Seluruh los pasar penjual pakaian, rempah-rempah, pasar ikan, kelontongan, los penjahit pakaian bahkan blok ruko di seberang jalan masuk Pasar Pharaa ikut ludes terbakar dalam musibah ini.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo yang meninjau langsung lokasi kejadian menyampaikan keprihatinan atas musibah yang terjadi.

“Saya saat ini bersama jajaran forkopimda, bersama pak Kapolres sejak tadi sudah meninjau lokasi kebakaran di Pasar Pharaa ini. Atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan keprihatinan atas musibah ini,” ucap Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo.

Dikatakan, peristiwa ini sangat membuat kita semua prihatin dan ini tidak boleh terulang kembali dan mengajak semua harus siaga dalam kondisi seperti ini.

“Kita tau saat cuaca sperti ini, angin kencang kita membakar sampah atau hal-hal lain yang sifatnya pembakaran itu kita harus berhati-hati,” pesannya.

Kata Triwarno, memang pembakaran sampah juga untuk membuat bersih tapi kita juga harus lihat situasi, lihat kondisi dan melihat cuaca.

“Kalau angin kencang dan berdekatan dengan pemukiman yang rapat atau seperti saat ini di pasar, efeknya seperti yang kita lihat terjadi kebakaran, namun demikian saya masih menunggu laporan kepastian penyebab kebakaran hari ini,” ujarnya.

Terkait peristiwa yang sudah terjadi dan para pedagang sebagai korban saat ini, Triwarno menyampaikan turut prihatin namun demikian diharapkan supaya dalam situasi ini semua tetap tenang dan tidak panik.

“Kami sudah mengatur tempat dimana setelah ini barang-barang dagangan supaya aman dievakuasi dulu ke lokasi Kantor Bupati di Gunung Merah Sentani untuk selanjutnya kita lakukan pendataan,” tambahnya.

Masih kata Triwarno, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kapolres untuk mengamankan lokasi, dan kami sangat berharap setelah kejadian ini tidak ada yang membangun dulu, karena akan dilakukan penataan kembali.

“Bukan berarti kami tidak memikirkan nasib para pedagang setelah besok ini akan berjualan kemana? Kami juga pikirkan itu supaya masyarakat terutama pedagang yang menjadi korban tetap bisa berjualan tetap bisa mendapat penghasilan semua tetap bisa aman,” ungkapnya.

Namun demikianlah kepada para pedagang untuk tidak terburu-buru membangun di tempat tersebut, untuk ditata kembali, agar lebih aman dan lebih nyaman.

“Terima kasih kepada Polres Jayapura yang telah menghimbau untuk kita yang saat ini banyak berdatangan melihat lokasi kebakaran ini, terima kasih telah datang menunjukkan keprihatinan untuk ikut membantu bersama-sama mengatasi situasi ini,” ucapnya.

Triwarno juga menghimbau masyarakat supaya sama-sama saling menjaga, jangan justru membuat saudara-saudara kita yang saat ini korban bertambah susah, karena ada yang mencari-cari kesempatan dalam situasi ini.

“Tidak ada kata lain, pemerintah dan jajaran Forkopimda hanya memikirkan bagaimana untuk melakukan yang terbaik pasca kebakaran ini, karena kita semua saudara dan kita harus saling mendukung,” Pungkas Pj Bupati Triwarno.

Dalam peristiwa ini Polres Jayapura memberi dukungan 100 personel lengkap dengan AWC (Armoured Water Canon) dibantu personel Lanud SPR.

Bersama tim Damkar Pemkab Jayapura dibantu sejumlah mobil water supply masih terus berupaya memadamkan kobaran api di lokasi kejadian. (RZR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *