Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Example floating
Example floating
Example 728x250
KABAR SENTANI

Kapolres Fredrickus: Keempat Warga Terkena Peluru Nyasar Sudah Jalani Perawatan Medis

×

Kapolres Fredrickus: Keempat Warga Terkena Peluru Nyasar Sudah Jalani Perawatan Medis

Sebarkan artikel ini
Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H
Example 468x60

Paraparatv.id | Sentani | Empat warga di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, terkena peluru nyasar dari Polisi.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H., menjelaskan peristiwa peluru nyasar terjadi pada Selasa, 10 Januari 2023 sore sekitar pukul 15.30 WIT di depan Jalan Masuk Bandara Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Example 300x600

Menurutnya, saat itu ada laporan bahwa terjadi keributan di depan pintu masuk Bandara Sentani. Namun disaat pembubaran di depan pintu masuk Bandar Sentani bahwa ada empat warga terkena peluru nyasar saat terjadi pembubaran tersebut.

“Hingga saat ini yang ada kita dapat itu ada empat ya, satunya di (RS) Bhayangkara, tiganya di (RSUD) Youwari,” tutur AKBP Fredrickus Maclarimboen, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan termasuk media online ini, di RSUD Youwari, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Selasa, 10 Januari 2023 petang.

“Tadi memang sudah di imbau untuk tidak melakukan aksi, karena bandara merupakan objek vital. Namun tadi sempat ada keributan dan kami sudah mundur, tetapi ada penyerangan. Sehingga respon itu yang diberikan kepada teman-teman yang pas di depan bandara,” ucapnya menambahkan.

Ada dua titik lokasi yang menjadi konsentrasi yakni, satu di daerah Cargo dan satunya lagi di (depan) Bandara Sentani.

“Tadi kami apel kan 50 awalnya, setelah itu disediakan lagi untuk yang back up terakhir ditambah itu kurang lebih ada 100, juga dari Brimob ada 100 yang hadir hari ini. Tetapi nanti lihat situasi, kita akan melihat perkembangan, apa perlu ditambah atau tidak, nanti kita lihat (pasca-kerusuhan) hari ini atau malam ini nanti dilihat,” tuturnya menambahkan.

Kapolres Jayapura memastikan tetap siagakan, teman-teman dari Brimob ini pihaknya sudah minta ke Polda agar tidak ditarik dulu. Pihaknya juga harus memastikan situasi aman.

“Jika sudah kondusif baru, kegiatan sudah berjalan baru bisa ditarik kembali. Ya, (statusnya) siaga 1 bisa,” kata Fredrickus Maclarimboen.

“Yang tadi nyasar di depan bandara, kita evakuasi dulu, melakukan pertolongan medis sambil nanti kita melakukan identifikasi terkait dengan korban yang kena peluru nyasar itu. Belum menemukan (dalang) keributan, kita masih melakukan ya. Karena tadi secara spontan ya, kita lagi konsentrasi di base ops, tiba-tiba ada sekelompok massa yang secara spontan melakukan aksi di depan pintu masuk bandara itu,” sambungnya.

Kapolres Jayapura juga memastikan Bandara Sentani tetap beroperasi. “Jadi, kita harus bisa yakinkan pastikan bandara beroperasi. Oleh karena itu, saya minta backup Polda untuk bisa mengamankan operasional bandara,” ujarnya.

Untuk itu, Kapolres Fredrickus mengimbau kepada seluruh warga di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura tetap waspada dan tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

“Namun pastinya tadi ada kerusuhan di bandara, awalnya dia titik yaitu di daerah Cargo dan depan pintu masuk bandara. Ada aksi dan reaksi yang dilakukan oleh aparat yang melakukan pengamanan di areal bandara tersebut. Oleh karena itu, masyarakat tidak boleh khawatir karena kami dari kepolisian akan menjamin keselamatan dan keamanan. Tentunya, untuk tidak terlalu melakukan hal yang tidak penting, ya sementara di rumah saja dan jangan mudah terprovokasi,” imbuhnya.

“Kami yakin situasi ini bisa aman terkendali. Kalau ada ajakan-ajakan untuk melakukan sesuatu, tolong bisa di counter. Supaya jangan lagi di share, cukup sampai di diri kita saja. Sehingga bisa melakukan konsolidasi, dengan harapan besok aktivitas bisa kembali normal,” pungkasnya.

Untuk diketahui, keributan terjadi di depan Cargo dan di depan pintu masuk Bandara Sentani pascapenangkapan Lukas Enembe (LE) oleh KPK RI di RM Sendok Garpu, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua. Yang kemudian dibawa ke Bandara Sentani untuk diterbangkan ke Jakarta. (Irf)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No COPY PASTE !!