Example floating
Example floating
KABAR SENTANI

Terungkap, Legislatif Hanya Usulkan Sekda Hana Hikoyabi Sebagai Calon Penjabat Bupati Jayapura

219
×

Terungkap, Legislatif Hanya Usulkan Sekda Hana Hikoyabi Sebagai Calon Penjabat Bupati Jayapura

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id ǀ Sentani ǀ Sesuai dengan tahapan jadwal pengusulan Calon Penjabat (Pj) Bupati Jayapura melalui usulan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura, terungkap jika pihak legislatif hanya akan mengusulkan satu nama sabagai Calon Penjabat Bupati Jayapura.

Hal ini sebagaimana ditegaskan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo kepada sejumlah awak media beberapa waktu lalu.
Menurutnya pengusulan nama ini sudah melalui pembahasan bersama fraksi-fraksi di Dewan yang akhirnya bersepakat untuk mengabaikan permintaan 3 nama oleh Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri), dan hanya mengajukan satu nama yaitu Sekda Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi.

“Untuk Calon Pj Bupati itu tahapannya sudah kami lakukan, sebelum surat masuk dari Mendagri bahwa segera mengirimkan tiga nama calon, tapi kesepakatan dari DPR dengan Fraksi-fraksi mengusulkan hanya satu nama, yaitu ibu Sekda Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi,” tegas Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Klemens Hamo.

Lebih lanjut, kata Klemens, pengusulan nama ini sudah dilakukan setelah pihaknya mendapat surat dari Mendagri.
Kemudian melalui sejumlah pertemuan dan diskusi di dewan, akhirnya legislatif bersepakat untuk mengusulkan satu nama saja.

“Secara formal kami sudah mengirim surat kepada Mendagri, dan ini sudah kesepakatan kami di Dewan, jadi bukan karena pimpinan,” ungkapnya.

Klemens juga mengungkapkan jika figur Sekda Kabupaten Jayapura yang dianggap paling memenuhi syarat karena mengacu pada kepangkatan dan golongan beliau, serta tugas sebagai sekretaris daerah sehingga ikut mengawal kebijakan bupati selama masa kepemimpinan 5 tahun terakhir.

“Kalau kita melihat dari sisi pangkat dan golongan, di Kabupaten Jayapura yang memenuhi syarat itu hanya ibu Sekda, selain kita ambil dari provinsi, itu boleh. Tapi karena sudah ada kesepakatan di antara fraksi-fraksi dan juga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan kita sepakat ibu sekda yang kita usulkan,” ujar politisi Partai NasDem ini.

“Antara kami di lembaga tidak boleh tidak baku cocok, apapun yang disepakati, apapun yang diputuskan, itu yang disampaikan, itu kesepakatan dari fraksi-fraksi karena itu kita sikapi secara politik,” tambahnya.

Dirinya berharap apa yang diusulkan oleh Lembaga Legislatif menjadi pilihan utama Mendagri untuk menetapkan figur Penjabat Bupati Jayapura, pasalnya selain DPRD Kabupaten Jayapura, pihak Provinsi dan Kemendagri juga mempunyai pilihan tersendiri.

Nantinya melalui tahapan verifikasi dan riset mendalam kepada kandidat inilah yang akan menentukan proses terpilihnya figur pilihan sebagai Penjabat Bupati Jayapura. (RZR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *