Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
BERITAEkonomiFeatureKolomPeristiwa

Kembalikan Populasi Ikan Gabus  Asli  Danau , DKP Kabupaten Buat Puluhan Bhukere 

×

Kembalikan Populasi Ikan Gabus  Asli  Danau , DKP Kabupaten Buat Puluhan Bhukere 

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Paraparatv.id |Sentani| Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Perikanan dan Kelautan dan Kementrian Kelautan Perikanan melakukan ujicoba sarang buatan, atau “Bhukere “guna mengembalikan populasi ikan Gabus asli Danau Sentani .
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura Rudy Saragih mengungkapkan dengan program kerja yang di lakukan Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Jayapura dan Kementerian Kelautan Perikanan di danau sentani, yang telah berjalan sejak tahun 2016 lalu.
“kami membuat sarangnya atau orang sentani sebut “Bhukere “dari daun sagu, cabang-cabang pohon dan karung bekas dan kami mengamati bahwa ada ikan gabus atau kayouw Kahebey menetap di dalam “ungkap Rudy beberapa waktu lalu.
Ujicoba yang di lakukan Tim DKP dan KKP di danau sentani mengalami peningkatan dari sebelumnya mereka lakukan sejak tahun 2016 artinya tahun 2022 ini mengalami peningkatan jumlah populasi ikan yang datang masuk, menetap dan berkembang biak di dalam “Bhukere “ atau sarang ikan yang di sediakan .
“sejak 2018,2019 hasil pengamatan kita , bahwa sudah ada peningkatan populasi ikan Kayou Kahebey di dalam Bhukere , dan di manfaatkan oleh warga sekitar danau untuk di tangkap dan di jual ke Pasar “Katanya.
Tititk persebaran pembuatan “Bhukere “tersebuar di seluruh danau sentani dari ujung barat hingga wilayah sentani Timur  dengan melihat lokasi strategis tempat bersarangnya ikan Gabus asli Danau sentani seperti Sagu-sagu, neli hingga hului yang banyak sehingga disinilah menjadi focus titik pembuatan “Bhukere “.
“kita buat bervariasi pada 2016 di 50 titik , berikut 30 titik dan 50 titik begitu seterusnya, dan hasilnya sekarang masyarakat bisa di manfaatkan untuk kebutuhan ekonomis di jual ke pasar dan konsumsi sendiri “ujarnya.
Selain itu tujuan pembuatan “Bhukere “ini di lakukan oleh guna mengembalikan populasi Kahebey sehingga dapat menekan Jumlah populasi dan harga yang beredar di masyarakat. (*/Nesta)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *