Example floating
Example floating
BERITAKesehatan

Pastikan Mutu Makanan Jelang Hari Raya, Balai Besar POM Jayapura Lakukan Sidak

149
×

Pastikan Mutu Makanan Jelang Hari Raya, Balai Besar POM Jayapura Lakukan Sidak

Sebarkan artikel ini
Balai Besar POM Jayapura saat sidak ke Hypemart Tanah Hitam,Rabu ( 13/04) Foto : Grasiella
Example 468x60

Paraparatv.id | Jayapura | Menjelang hari raya Idul Fitri 1443 H , Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan ( BBPOM ) Jayapura melakukan sidak di sejumlah toko dan pusat perbelanjaan di Jayapura.

Adapun toko atau pusat perbelanjaan yang di kunjungi Balai Besar POM Jayapura adalah Kurnia Sari, Sinar Mulia dan Hypermart.

Pihaknya mengecek tanggal kadaluarsa makanan serta ijin beredarnya makanan yang dijual.

Kegiatan pengecekan ini merupakan bagian rangkaian dari persiapan atau jelang hari raya Idul Fitri agar keamanan pangan, mutu dan keamanan terjaga dengan baik.

” Kami rutin melakukan pengecekan di toko toko atau swalayan di Jayapura hal ini Guna menjaga mutu kualitas makanan yang dijual, Jangan sampai ada makanan yang dijual sudah kadaluarsa, kalau hal tersebut terjadi akan sangat membahayakan tubuh manusia ” Ungkap Kepala Bidang Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Jayapura, Santi Mangisu saat di wawancarai wartawan Paraparatv.id usai sidak di Hypermart ,Rabu ( 13/04).

Sidak tersebut juga dalam rangka upaya Balai Besar POM Jayapura untuk melindungi kesehatan masyarakat dari peredaran produk pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan, khususnya menjelang Idul Fitri.

Dari Hasil sidak yang dilakukan Balai Besar POM Jayapura, Pihaknya mendapatkan beberapa kelalaian yang dilakukan toko atau swalayan yang menjual makanan yang sudah melewati batas kadaluarsa. Mendapatkan temuan tersebut pihaknya langsung memberikan teguran lisan kepada pemilik atau pengelola toko.

” Iya tadi ada yang jual makanan yang sudah kadaluarsa meski dalam jumlah yang sangat kecil akan tetapi itu sangat membahayakan bagi masyarakat yang minim pengetahuannya oleh karnanya kami langsung memberikan teguran lisan” Ucap Santi Mangisu.

Terkait ijin beredar makanan di Jayapura pihaknya masih mendapatkan beberapa produsen makanan kemasan di Jayapura yang tidak memperhatikan kemasan dan ijin edar yang diberikan Balai Besar POM Jayapura.

Di masa pandemi Covid-19, Balai Besar POM Jayapura berkomitmen untuk selalu melakukan pengawasan produk pangan yang beredar dengan tujuan menjamin masyarakat mendapatkan pangan yang aman dan bermutu.(GR/GR)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *