Bimtek Sistem Keuangan Desa Wajib di ikuti Aparat 14 kampung di kota Jayapura

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru saat memberikan arahan kepada peserta Bimtek Pengelolaan anggaran Desa tahun 2022 (foto : JT)
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) melaksanakan kegiatan fasilitasi pengelolaan keuangan desa melalui bimtek sistem keuangan desa (siskeudes), Jumat (18/3/2022).

Hadir mengikuti pembukaan kegiatan, Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru, Kepala Dinas PMK Makzi L. Atanay, Kepala BPKAD Kota Jayapura, BPKP Perwakian Provinsi Papua, Inspektorat Kota Jayapura, Kepala Kantor Pajak, Kepala KPPN Pratama Jayapura, Tokoh Agama Port Numbay dan 80 peserta yang terdiri dari operator siskeudes, aparatur pemerintahan kampung (kepala kampung, bendahara dan sekretaris) pendamping lokal distrik, pendamping desa, tenaga ahli, staf DPMK serta staf admin siskeudes.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru dalam sambutannya menyampaikan kegiatan bimtek siskeudes wajib diikuti oleh semua aparatur pemerintahan kampung sehingga dapat bermanfaat saat mengaplikasikan ilmu yang diterima dan menerapkan pengelolaan keuangan secara professional dan mandiri.

“Semua yang hadir di sini, saya ucapkan terima kasih karena ini adalah hal yang sangat positif dan terbaik untuk kita memperlancar aplikasi siskeudes ini. Harapan saya, dengan kehadiran semua peserta bimtek bisa mendapat ilmu, materi, paham menggunakan aplikasi siskeudes dan berhasil, lancar, aman, terkendali, sukses, ini yang penting.” Kata Rustan Saru.

Rustan Saru menjelaskan bahwa pemerintah kota telah mengalokasikan anggaran begitu besar ke tiap-tiap kampung. Sumber anggaran, disebutkan Rustan, berasal dari DAU, DAK, ADD dari Pemerintah Pusat.

“Sepuluh persen DAU, ditambah lagi sepuluh persen bagi hasil pajak dan retribusi daerah, ditambah lagi sepuluh persen anggaran dana desa (ADD) dari Pusat, rata-rata seratus dua belas miliar per tahun. Ini perintah Undang-Undang, perintah Permendagri, Permenkeu, Permendes. Dialokasikan (dibagi) ke 14 kampung.” Bebernya.

Hasil kegiatan bimtek siskeudes diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja lintas instansi daerah seperti DPMK, BPKP, Keuangan dan Bappeda dengan berbasis online sehingga pengelolaan keuangan di masing-masing kampung terarah pada tatanan tertib anggaran dan tertib pengawasan.

Kegiatan bimtek siskeudes dibuka secara resmi oleh Wakil Wali Kota Jayapura, kegiatan ini berlangsung selama dua hari (18-19 Maret 2022) di salah satu gedung hotel di Abepura, Kota Jayapura. (AY/JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *