Rustan Saru Soroti Kinerja Aparatur Pemerintah Kampung

Dr. Ir. H. Rustan Saru MM
banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura | Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru soroti kinerja aparatur pemerintahan kampung terkait laporan pertanggungjawaban anggaran pendapatan belanja kampung (APBKam).

Rustan Saru memaparkan tata pengelolaan anggaran yang diperuntukkan ke 14 kampung di Kota Jayapura belum optimal. Hal itu dimungkinkan sebab sejumlah program kerja yang ada tidak dilaksanakan hingga selesai.

“Uang dikasih, rencanakan sendiri, hitung sendiri, kerjakan sendiri, laporkan sendiri, masih salah-salah juga. Program tidak masuk, minta untuk dimasukkan, setelah diberikan program kerja juga tidak selesai. Sampai hari ini saja LPJ tahap tiga belum selesai.” ketus Rustan saat beri sambutan kepada peserta bimtek siskeudes, Jumat (18/3/2022).

Rustan Saru menimpali pemerintah kota terus mengupayakan APBKam di 14 kampung sudah ditetapkan sejak Desember lalu.

“Padahal urutan-urutan sudah ada, sudah dorong terus menerus agar APBKam, Desember sudah harus penetapan semua. Awal Januari sudah cair tahap satu, bisa kerja.” Timpalnya.

Kampung yang belum menetapkan APBKam, dipaparkan Rustan Saru yaitu Kampung Tobati, “sampai hari ini masih ada satu kampung APBKam belum selesai. Tobati, ada hadir di sini tidak hari ini? Tidak hadir, hari ini aparatur mereka adakan evaluasi kah, tambah hari ini dilakukan bimtek, coba diatur baik kah. Ini kan sepertinya dimain-mainkan barang ini. Ini kan kampungnya Pak Wali Kota ini. Malu kita sama Pak Wali. Justru harus tunjukkan yang terbaik.” Hardiknya.

Jelang pemilihan serentak 14 kepala pemerintahan kampung (KPK) pada April mendatang, Rustan Saru berharap aparatur kampung yang terpilih nantinya memiliki kemampuan manajerial yang baik, mampu menampung aspirasi sesuai dengan keinginan masyarakat kampung setempat. (AY/JT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *