Tinggal Selangkah Gardu Induk Timika Difungsikan

banner 120x600

Paraparatv.id | Jayapura |PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku Papua berhasil melaksanakan uji pemberian tegangan pada Gardu Induk (GI) Timika 150 kilo Volt (kV)

Menurut General Manager PLN UIP Maluku Papua, Reisal Rimtahi Hasoloan, uji pembebanan itu dilakukan dalam rangka mengetes keandalan instalasi GI Timika sebelum menerima tegangan dari Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) secara terus menerus.

“Gardu induk yang terletak di SP 4, Kelurahan Wonosari Jaya, tersebut adalah bagian dari sistem kelistrikan tegangan tinggi pertama di Kabupaten Mimika. Dengan adanya infrastruktur ini distribusi listrik yang dihasilkan PLTMG di Pomako bisa semakin andal, karena bisa disalurkan melalui SUTT menuju GI Timika sehingga dapat terhindar dari penyusutan daya listrik yang signifikan,” terang Reisal dalam release yang diterima paraparatv.id, Selasa (22/12)

Reisal menambahkan proyek tersebut ditujukan untuk mendukung peningkatan aktivitas ekonomi di Kabupaten Mimika yang semakin pesat.

“Gardu induk sengaja diletakkan di dekat pusat kegiatan perekonomian dan pemerintahan supaya dapat memenuhi kebutuhan listrik yang ada. Fungsi gardu induk sendiri secara sederhana adalah untuk menurunkan daya dari SUTT sehingga dapat didistribusikan ke pelanggan melalui jaringan tegangan rendah,” papar Reisal.

Manajer PLN Unit Pelaksana Proyek (UPP) Papua, Donald Silaen, mengatakan sistem kelistrikan tegangan tinggi ini dimulai dengan produksi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Timika berkapasitas 10 Megawatt (MW) di Kampung Pomako.

Kemudian tenaga listrik tersebut nantinya disalurkan oleh transmisi SUTT 150 kV menuju GI Timika di SP 4. SUTT dengan jumlah tower sebanyak 77 unit tersebut saat ini masih dalam tahap konstruksi dan diharapkan rampung pada tahun depan.

“Sistem jaringan transmisi tegangan tinggi ini merupakan yang kedua di Provinsi Papua setelah jaringan yang serupa dibangun di Kabupaten dan Kota Jayapura. Saat ini kami melaksanakan konstruksi secara paralel antara GI Timika dengan SUTT 150 kV, pada akhir tahun ini kami berfokus pada perolehan Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk GI Timika,” pungkas Donald.(*/sri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *