BI : Rp 5,7 Triliun untuk Penuhi Uang Jelang Natal dan Tahun Baru

banner 120x600


Paraparatv.id | Jayapura | Untuk memenuhi kebutuhan uang jelang Natal dan Tahun Baru 2022 di Papua, Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga mengungkapkan, BI Papua menyediakan uang rupiah Rp 5,7 triliun untuk periode akhir tahun 2021.

Naek Tigor menungkapkan, tren perputaran uang rupiah selalu meningkat dari tahun ke tahun pada momen Nataru.

“Kita perkirakan kebutuhan uang rupiah di Papua akhir tahun ini, (periode November-Desember) capai Rp 4,4 Triliun, artinya persediaan uang di Papua bisa dikatakan lebih dari cukup,” ungkap Naek Tigor dalam acara Bincang-Bincang Media (BBM) di Jayapura, Selasa


“Dari Rp 4,4 triliun, uang pecahan besar mencapai Rp 4,33 triliun dan hanya Rp 70 miliar pecahan uang kecil,” katanya.

Penyedian pecahan besar ini, kata Naek Tigor memang berbeda dengan provinsi lain di Indonesia yang lebih membutuhkan uang pecahan kecil di momen hari-hari besar termasuk natal dan tahun baru.

“Di Pulau Jawa kalau mau lebaran itu butuhnya uang kecil, tapi di Papua terutama di Daerah Pegunungan Tengah malah sebaliknya, harus biru dan merah,” katanya lagi.

Selain itu, BI Papua juga memperkirakan peningkatan uang untuk kebutuhan di momen ini juga meningkat hingga 5 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. (*/Sri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *