Pemkot Jayapura Gelar Bimtek Membina Kompetensi Tenaga Perpustakaan

0
65

Paraparatv.id | Jayapura | Guna memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan pengelolah perpustakaan sekolah, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) tingkat sekolah dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) di lingkungan pemerintah Kota Jayapura.

Pembukaan bimtek secara resmi ditandai dengan pemukulan tifa yang dilakukan oleh Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, M.M sekaligus menyematkan kartu tanda peserta kepada empat perwakilan guru SD/MI di Gedung Serba Guna Sian Soor, Kantor Pemerintahan Kota Jayapura. Kamis, (28/10/2021).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menjelaskan tujuan bimtek ini untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan kelola perpustakaan di sekolah,

“Sasaran dari bimtek ini adalah terwujudnya siswa-siswi sekolah dasar yang cerdas melalui peningkatan minat baca dan juga mengelolah perpustakaan sekolah terampil,” Kata Septinus Ireeuw, S.Sos dalam sambutannya.

Benhur Tomi Mano menyampaikan perpustakaan yang berada di sekolah harus dikelola dengan baik, “keberadaan perpustakaan di sekolah sebagai sarana pembelajaran menjadi sangat penting, baik membaca buku pelajaran maupun buku fiksi, oleh sebab itu perpustakaan sekolah sebagai penyedia koleksi buku harus berjalan dan dikelola dengan baik.” Pesan BTM kepada 55 peserta Bimtek.

Dalam rangka literasi sekolah, bimtek yang diselenggarakan selama dua hari itu, diharapkan dapat membina kompetensi tenaga perpustakaan serta diajarkan cara dan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan peran perpustakaan sekolah.

Sementara, hasil dari bimtek ini juga peserta dapat belajar mengelolah bahan pustaka berbasis digital dan dapat diakses melalui katalog yang telah terprogram. (A/Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here