Polda Papua dan Polres Jajaran Laksanakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi “Lilin Matoa-2020”

0
48
Kapolda Papua bersama pangdam XVII Cenderawasih bersaam Tokoh Agama saat memeriksa pasukan pengamanan Natal tahun 2020

Paraparatv.id | Kota Jayapura | Polda Papua beserta Polres jajaran dengan didukung instansi terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi “Lilin Matoa-2020” yang dilaksanakan selama 15 hari di seluruh wilayah hukum Polda Papua.

Hal tersebut terlihat pada pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Matoa 2020 yang dipimpin oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw, bertempat di Lapangan Sat Brimob Kotaraja, Jayapura. Senin, 21 Desember 2020.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni segenap Unsur Pimpinan Daerah, Para Pejabat TNI-Polri, dan Instansi terkait, Para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Masyarakat serta Para Tamu Undangan dan Peserta Apel Gelar Pasukan.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kapolda Papua mengatakan, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin2020” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

Oleh karena itu, Kapolda Papua berharapkan seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah,” terang Kapolda.

Kapolda juga menekankan beberapa poin penting yakni, Operasi Lilin Matoa 2020 mulai pada hari Senin tanggal 21 Desember 2020 sampai tanggal 4 Januari 2021.

Operasi tersebut dilaksanakan dalam bentuk Operasi Kepolisian Terpusat dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan guna mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Jumlah personil yang terlibat dalam operasi Lilin Matoa 2020 sebanyak 1873 personil Polda Papua dan Polres Jajaran diantaranya Polda Papua sebanyak 313 personil dan Polres jajaran sebanyak 1560 Personil.

Adapun sasaran dalam operasi Lilin Matoa 2020 adalah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mewujudkan Kamtibmas yang mantap dan kondusif dalam pelaksanaan ibadah Natal serta Tahun Baru, serta terciptanya Kamseltibcarlantas demi menurunkan jumlah fatalitas korban kecelakaan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bantuan Alat Operasional untuk dipergunakan pada Ops Lilin Matoa 2020 oleh Jasa Raharja kepada Kapolda Papua. Adapun alat operasi yang diserahkan dari Jasa Raharja  sebanyak 350 Unit dengan rincian, Barikade 50 Unit, Traffic Cone 100 Unit, Rompi 100 Unit, Jas Hujan 50 Unit, Helm 50 Unit.*(krist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here