Mengurangi Penyebaran Covid-19, TNI-Polri di Yapen Gencar Lakukan Patroli Malam

0
76
Anggota TNI Polri di Yapen, saat memberikan arahan kepada warga yang kedapatan tidak menggunakan masker dan masih berada di luar rumah pada malam hari

Penulis : Herman Betta

Serui, Paraparatv.id | Dalam rangka mengurangi dampak penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen yang kini sudah menjadi zona merah, aparat gabungan TNI-Polri gencar dan rutin melakukan kegiatan patroli malam dan juga dialogis bersama warga guna untuk menyampaikan himbauan juga menyampaikan pesan Kamtibmas sekaligus memberikan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus corona, khususnya di Yapen sesuai instruksi Pemerintah.

Kasat Samapta Polres Kepulauan Yapen IPTU Edy Tohir Sabara jelaskan, kegiatan patroli malam ini selain mengantisipasi adanya kegiatan miras oleh masyarakat di tempat-tempat umum, juga terus mensosialisasikan cara memutus rantai penyebaran Covid-19 ini serta meganjurkan tentang penggunaan masker, jaga jarak saat berada diluar rumah dan mencuci tangan sesuai anturan pemerintah.

“Jika mendapati warga yang keluar rumah tidak pakai masker, kami tidak segan-segan memberikan teguran. selain itu, juga membubarkan warga yang bergerombol untuk kembali kerumah masing-masing, apalagi kalau adanya masyarakar yang sedang melakukan miras, akan di tindak tegas”.tandas IPTU Edy di sela-sela patrolinya. Senin, 5 Oktober 2020.

Penegasan protokol kesehatan ini dilakukan demi kebaikan bersama guna memutus rantai Covid-19.

“Di yapen sudah ada 4 pasien corona yang meninggal, semoga dengan kesadaran penerapan protokol kesehatan corona, maka penyebaran wabah Covid 19 ini segera di putuskan, khususnya di Yapen situasi zona merah ini bisa kembali normal sehingga kita bisa kembali beraktifitas seperti dahulu,”ungkap Kasat.

Kasat Samapta berharap, agar jika tidak adanya kepentingan penting maka sebaiknya tinggal di rumah saja tidak berkeliaran di luar rumah apalagi hingga larut malam.

Sementara itu, Bintara Staf Operasi Kodim 1709/YAWA Sertu Aris Saputra  yang turut dalam kegiatan patroli gabungan ini bersama beberapa anggota Kodim 1709/YAWA lainnya menambahkan, beberapa waktu terakhir terjadi peningkatan kasus covid di Yapen khususnya di wilayah Kota Serui,  yang beberapa faktornya dikarenakan sudah menurunnya tingkat kesadaran warga masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami ( TNI Polri ) tidak bosan-bosannya untuk menghimbau dan mengajak warga untuk terus melaksanakan prosedur yang sudah ditetapkan untuk menghadapi situasi pandemi sekarang ini, diantaranya kewajiban penggunaan masker, saling menjaga jarak dan juga cuci tangan dengan sabun,”ujar Aris.

Lanjut Aris, meski ditengah masa pandemi sekarang ini, masih ada juga masyarakat khususnya kawula muda yang melakukan kegiatan di malam minggu dan bahkan tidak mengindahkan protokol kesehatan.

“Disitulah pentingnya kegiatan patroli ini dilakukan guna menertibkan masyarakat, untuk mengurangi dampak penyebaran covid-19 di Yapen,”tutupnya.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here