OPERASI YUSTISI DI KOTA JAYAPURA

0
37
Sejumlah warga saat diberikan pemahaman soal protokol kesehatan di Taman Imbi Jayapura. (Foto: Indrayadi TH)

 

Paraparatv.id, Jayapura, – Banyaknya warga tak mengindahkan protocol kesehatan salah satunya seperti penggunaan masker setiap berkendara maupun berada di pusat Kota Jayapura, membuat Pemerintah Kota Jayapura keluarkan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan.

“Operasi Yustisi ini untuk merazia warga maupun pengendara yang tak gunakan masker. Dan ini sekaligus kami akan memberikan sosialisasi bahwa pentingnya protocol kesehatan,” kata Kapolsek Jayapura Utara (Japut) Iptu Handry Bawilling disela-sela kegiatan di Taman Imbi Kota Jayapura, Jumat (25/9/20).

Kapolsek Jayapura Utara, Iptu Handry M. Bawiling saat Operasi Yustisi di Taman Imbi Jayapura. (Foto: Indrayadi TH)

Operasi Yustisi ini menurut Kapolsek, akan digelar dua kali setiap minggunya dan sekaligus menegakkan disiplin soal protocol kesehatan. Dalam operasi kali ini, selain Polri, terlibat juga TNI, Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Satpol PP Kota Jayapura dan Organisasi Masyarakat (ormas) seperti Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI).

“Ada sekitar 40 personil gabungan yang ada di operasi yustisi ini. Kami merazia penggunaan masker dan berikan sosialisasi protocol kesehatan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Danramil 1702-02/Jayapura Utara, Kapten Inf Guntur Lukas Tjoe mengatakan  agenda tim gugus tugas covid 19 Kota Jayapura ini sekaligus untuk memutus rantai Covid-19. Koramil 1701-02 Jayapura Utara berkewajiban membantu pemerintah setempat bersama Polsek Jayapura Utara dan Distrik Japut bersinergi dalam Tugas untuk membantu Satgas Covid-19 Kota Jayapura.

“Bantu berikan bimbingan, Edukasi bahkan Penindakan sesuai perwalikota dalam upaya menghentikan penyebaran Virus Corona di Kota Jayapura Khususnya di Wilayah Jayapura Utara,” kata Lukas Tjoe.

Kurang Taatnya Masyarakat dalam Mematuhi Protokol Kesehatan Penanganan Corona Virus, kata Lukas, seperti tak gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan atau menjaga kebersihan diri setelah melakukan aktifitas di luar rumah atau dalam Bersosialisasi dengan masyarakat lainnya di tempat umum adalah merupakan faktor utama meningkatnya angka penderita Pasien Covid-19 di Kota Jayapura.

“Semoga dengan diadakan Swiping Masker atau Penegakan Perwalikota Terhadap peraturan penanganan, pencegahan Virus Corona di Kota Jayapura adalah merupakan upaya dari Pemerintah dalam menangani pencegahan penyebaran Virus Corona,” ucapnya.

Sementara, Nia Slamet salah satu warga yang melintas di seputaran Taman Imbi Kota Jayapura, mengaku dilakukannya razia masker ini membuat dirinya merasa nyaman. Karena, menurutnya salah satu protocol kesehatan yang utama saat di muka umum adalah masker dan jaga jarak.

“Semoga wabah Covid-19 di Kota Jayapura ini segera berlkurang dan lambat laun taka da lagi yang terkena virus ini. Agar semua kembali normal lagi,” kata Nia.

Untuk di pusat Kota Jayapura, pihak kepolisian mengaku akan menggelar setiap hari Jumat dan Sabtu selama batas waktu yang belum ditentukan oleh Pemerintah Kota Jayapura. (ITH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here