500 Tentara Indonesia ke Papua untuk Apa?

Danrem 172 PWY Brigjend TNI Izak Pangemanan (kanan) didampingi Danyon PR 432 WSJ Mayor Inf Agus Pujo (kiri) periksa pasukan di pelabuhan Kota Jayapura, Papua, Minggu (06/09/20)

Jayapura,Paraparatv.id – Sebanyak 500 prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Yonif Para Raider 432/Waspada Setia Jaya tiba di Kota Jayapura untuk membantu Kepolisian dalam tugas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) di 20 daerah rawan wilayah Bumi Cenderawasih, Minggu (06/09/20).

“Kekuatan mereka ada 500 orang mereka akan mengisi 20 di daerah rawan khususnya daerah pegunungan, Ya mereka kan ada di sini akan bertugas kurang lebih 1 tahun di sini 9 bulan minimal,” tegas Komandan Korem (Danrem) 172/PWY, Brigjend TNI Izak Pangemanan usai memimpin upacara penerimaan Satgas Pamrahwan di Pelabuhan Kota Jayapura.

Pos-pos Satgas Pamrahwan ini, kata Danrem, di Mapenduma, Lanny Jaya, Tolikara, Yahukimo, Yalimo hingga Mamberamo Raya total 20 pos Satgas Pamrahwan. Mereka didatangkan untuk membantu daerah-daerah terpencil yang membutuhkan pendampingan.

“Di daerah, Kodim, Koramil, Babinsa. Babinsa kami masih sangat terbatas, sehingga untuk membantu daerah yang begitu luas, kami butuh ada Satgas-Satgas Pamrahwan ini,” kata Jenderal Bintang Satu.

Pihaknya akan membekali personil Satgas Pamrahwan sebelum masuk k epos-pos. Lanjutnya, mereka akan ditampung di Rindam XVII Cenderawasih, dan akan diberikan pembekalan secara langsung oleh Danrem . Menurutnya ini dilakukan guna mencegah adanya personil yang belum mengerti hingga melakukan tindakan-tindakan kontra terhadap tugasnya.

“Sampai saya yakin sudah mengerti dan siap melaksanakan tugas. Sambil kami memantau kondisi kesehatan. Apabila kondisi kesehatan sudah baik, sudah paham soal tugasnya, baru didorong k epos,” ujarnya.

Penerimaan Satgas Pamrahwan ini berlangsung di pelabuhan Kota Jayapura dalam bentuk upacara dan dipimpin langsung Danrem 172/PWY Brigjend TNI Izak Pangemanan serta dihadiri pejabat teras Korem 172/PWY dan tamu undangan. Selanjutnya 500-an personil menuju tempat penampungan Rindam XVII Cenderawasih, Sentani, Kabupaten Jayapura. (ITH)

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.