500 Tentara Indonesia ke Papua untuk Apa?

0
122
Danrem 172 PWY Brigjend TNI Izak Pangemanan (kanan) didampingi Danyon PR 432 WSJ Mayor Inf Agus Pujo (kiri) periksa pasukan di pelabuhan Kota Jayapura, Papua, Minggu (06/09/20)

Jayapura,Paraparatv.id – Sebanyak 500 prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Yonif Para Raider 432/Waspada Setia Jaya tiba di Kota Jayapura untuk membantu Kepolisian dalam tugas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) di 20 daerah rawan wilayah Bumi Cenderawasih, Minggu (06/09/20).

“Kekuatan mereka ada 500 orang mereka akan mengisi 20 di daerah rawan khususnya daerah pegunungan, Ya mereka kan ada di sini akan bertugas kurang lebih 1 tahun di sini 9 bulan minimal,” tegas Komandan Korem (Danrem) 172/PWY, Brigjend TNI Izak Pangemanan usai memimpin upacara penerimaan Satgas Pamrahwan di Pelabuhan Kota Jayapura.

Pos-pos Satgas Pamrahwan ini, kata Danrem, di Mapenduma, Lanny Jaya, Tolikara, Yahukimo, Yalimo hingga Mamberamo Raya total 20 pos Satgas Pamrahwan. Mereka didatangkan untuk membantu daerah-daerah terpencil yang membutuhkan pendampingan.

“Di daerah, Kodim, Koramil, Babinsa. Babinsa kami masih sangat terbatas, sehingga untuk membantu daerah yang begitu luas, kami butuh ada Satgas-Satgas Pamrahwan ini,” kata Jenderal Bintang Satu.

Pihaknya akan membekali personil Satgas Pamrahwan sebelum masuk k epos-pos. Lanjutnya, mereka akan ditampung di Rindam XVII Cenderawasih, dan akan diberikan pembekalan secara langsung oleh Danrem . Menurutnya ini dilakukan guna mencegah adanya personil yang belum mengerti hingga melakukan tindakan-tindakan kontra terhadap tugasnya.

“Sampai saya yakin sudah mengerti dan siap melaksanakan tugas. Sambil kami memantau kondisi kesehatan. Apabila kondisi kesehatan sudah baik, sudah paham soal tugasnya, baru didorong k epos,” ujarnya.

Penerimaan Satgas Pamrahwan ini berlangsung di pelabuhan Kota Jayapura dalam bentuk upacara dan dipimpin langsung Danrem 172/PWY Brigjend TNI Izak Pangemanan serta dihadiri pejabat teras Korem 172/PWY dan tamu undangan. Selanjutnya 500-an personil menuju tempat penampungan Rindam XVII Cenderawasih, Sentani, Kabupaten Jayapura. (ITH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here