Kado HUT RI Ke-75, Bupati Jayapura Resmikan Pholeuw Park Sentani

0
131
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si usai meresmikan Pholeuw Park atau Taman Pholeuw, Senin 17 Agustus 2020.

Penulis : Irfan

Sentani | Paraparatv.id | Didampingi Kepala Dinas Pertanahan, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP) Kabupaten Jayapura Terry F. Ayomi, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, meresmikan Pholeuw Park atau Taman Pholeuw, Senin 17 Agustus 2020.

Pholeuw Park yang berada di Jalan Raya Sentani-Telaga Maya, tepatnya di pinggiran Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua itu memiliki luas tanah sekitar 6500 meter persegi dari ketersediaan tanah sekitar 7000 meter persegi.

Peresmian itu dilakukan usai Bupati Jayapura bersama sejumlah Kepala OPD dan tamu undangan lainnya menyaksikan siaran langsung upacara penurunan bendera Merah Putih yang berlangsung di Istana Merdeka melalui layar tv dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengatakan Pholeuw Park ini sebagai salah satu tempat hiburan baru yang strategis bagi masyarakat lokal maupun masyarakat yang datang ke Bumi Khenambay Umbay.

“Diharapkan dengan adanya taman yang berada di tepi danau Sentani ini bisa menjadi salah satu tempat rekreasi dan hiburan yang strategis bagi masyarakat yang berkunjung ke Kabupaten Jayapura maupun masyarakat Kabupaten Jayapua, untuk menikmati keindahan alam danau Sentani,” ungkapnya.

Sebagai masyarakat yang berada di wilayah kota, ia menyampaikan, tentunya perlu menikmati tempat-tempat seperti taman Pholeuw ini. Sehingga taman atau Pholeuw Park merupakan  tempat yang layak berada di Kota Sentani.

“Saya pikir sudah sewajarnya Kota Sentani memiliki tempat seperti ini. Oleh sebab itu, kami menghadirkan Pholeuw Park untuk Kota Sentani. Supaya taman ini bisa menjadi tempat yang berkesan bagi orang yang datang berfoto-foto disini,” sebutnya.

“Taman ini juga akan menjadi salah satu destinasi wisata pada ajang pagelaran PON XX di Kabupaten Jayapura, agar para tamu yang datang bisa menikmati taman ini,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanahan, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DP2KP) Kabupaten Jayapura, Terry F. Ayomi menjelaskan, anggaran yang dikeluarkan untuk pemetaan tanah untuk Pholeuw Park ini sebesar Rp. 2.061.430.000.

Lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas PU Kabupaten Jayapura ini menyampaikan, untuk pembangunan Pholeuw Park di sisi atas itu menelan anggaran sebesar Rp. 5.560.416.000

“Kalau untuk tahap berikut yang akan kita bangun pada tahun 2021 itu di sisi bagian bawahnya, yakni bagian talud di tepi Danau Sentani. Yang mana, akan menelan anggaran sebesar 8 miliar rupiah,” bebernya. 

Ia mengaku, Pholeuw Park ini nantinya akan di kelola oleh pihak ketiga, yang mana taman ini juga nanti akan di bangun tempat-tempat usaha oleh pihak ketiga. “Karena taman ini juga akan menjadi sumber PAD bagi Kabupaten Jayapura,” tandasnya.

 Turut hadir pada acara peresmian Pholeuw Park, Ketua FKUB Kabupaten Jayapura Pdt. Albert Yoku, S.Th, M.Th, para Pimpinan Perangkat Daerah, para Kepala Instansi Vertikal, pimpinan BUMN/BUMD serta tamu undangan lainnya. **

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here