Tinjau Langsung Program TMMD, Ini Tangapan Danpusterad

0
354
Danpusterad ( Komandan Pusat Teritorial AD ) Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau di dampingi Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Tonny Tesar saat meninjau bangunan yang di kerjakan oleh prajurit TNI Kodim 1709/YAWA di lokasi TMMD Kampung Natabui Distrik Yapen Barat

Laporan : Herman Betta

Paraparatv.id | Serui | Dengan menggunakan jalur laut dari Kota Serui, Jumat 17 Juli 2020, Danpusterad (Komandan Pusat Teritorial AD ) Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau mengunjungi secara langsung program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 TA. 2020 di wilayah Kodim 1709/Yapen Waropen tepatnya di Kampung Toweta dan Kampung Natabui Distrik  Yapen Barat, didampingi  Dirdiklat Pusterad Brigadir Jenderal TNI Bahman, Kabag Bhakti TNI Sdirter Pusterad, Letkol Inf Beny Hendra Suwardi, Kasdam XVII/Cenderawasih BrigadirJenderal TNI

Bambang Trisnohadi dan Aster Kasdam XVII/Cenderawasi Kolonel Inf Wempi Ramandei, Danrem 173/PVB BrigadirJenderal TNI Iwan Setiawan,Kasi Intel Korem 173/PVB Letkol Inf Donny Pramono, Kasi Ter Korem 173/PVB Letkol Inf Wilson Napitupulu,Dandim 1709 Yawa, Letkol Inf Leon Pangaribuan dan para pejabat tinggi serta prajurit di jajaran Kodim 1709/YAWA.

Dari jajaran Pmerintah Daerah tampak ikut hadir Bupati Yapen Tonny Tesar, Wakil Bupati Frans Sanadi, Kajari Yapen Marcelo Belah, Wakapolres Yapen Kompol Praja Ghanda Wiratama, Asisten III Erny Tania, Ketua DPRD Yapen Yohanis Raubaba dan beberapa Anggota DPR Yapen lainnya.

Tonny Tesar Bupati Yapen dalam sambutannya ucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dari pihak TNI dari pusat sampai ke daerah.

“Sebenarnya kita tidak dapat program TMMD tahun ini, namun karena ada daerah lain yang tidak jadi mendapatkan program TMMD, maka ini yang dialihkan ke Kabupatan Kepulauan Yapen,” ucapnya.

Dirinya menmabhakan, program TMMD tahun ini lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya karena dilihat dari segi ukuran rumah yang kita bangun cukup besar yakni 7 x 8 meter.

“Kami harapkan tahun depan kita Yapen juga mendapatkan program TMMD lagi, yang rencananya akan kami tempatkan di kampung paling ujung barat yaitu kampung Miosnom distrik Yerui,” harapnya.

“Mudah-mudahan jalan yang kami lewati dengan kondisi yang berlumpur tadi dapat segera kami bangun dengan baik, karena itu merupakan janji saya pada masyarakat kampung Natabui,” tambahnya.

Sementara itu, Letjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau setelah melakukan tatap muka bersama warga masyarakat baik Kampung masyarakat Toweta maupun Natabui ungkapkan bahwa, kedatangan dirinya bersama rombongan ini guna meninjau pelaksanaan TMMD ke 108 yang dilaksanakan serentak Se-Indonesia, dan saya sendiri memilih Kabupaten Kepulauan Yapen sebagai tempat yang akan saya tinjau karena daerah tersebut merupakan daerah kelahiran saya.

“Kami tadi sudah putar lihat semua bangunan yang di bangun, totalnya sebanyak 13 bangunan rumah baik di Toweta maupun Natabui, langkah yang di ambil baik dari Kodim 1709/YAWA maupun Pemerintah Daerah, sangat baik sekali untuk mencari tempat ( lokasi pembangunan ) yang sangat sulit yang membutuhkan bantuan,” kata Danpusterad) yang juga bertepatan merayakan Hari Ulang Tahunnya ke 58 Tahun.

Dirinya berharap, kedepan dalam program TMMD dapat lebih baik lagi, respon masyarakat juga di kampung ini sangat baik sekali.

“Masyarakat berharap kalau bisa di tambah lagi pembangunannya, tentunya semua itu tinggal bagaimana pemerintah dapat merencanakannya, kami dari TNI sangat siap membantu dalam melaksanakannya, bukan hanya rumah tapi jalan maupun lainnya,” cetusnya

Di tanyai soal lokasi TMMD dengan medan yang sangat sulit, Komandan Pusat Teritorial AD menanggapi bahwa, TMMD ini di laksanakan se Indonesia dan setiap daerah tentunya masing-masing punya tantangan serta kesulitan yang sangat susah.

“Kami baru ke satu tempat, di daerah – daerah lain juga sedang di tinjau langsung, untuk tingkat kesulitan di sini memang sulit namun belum terlalu sulit, masih ada yang lebih sulit lagi,”ungkapnya.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here