Example floating
Example floating
BERITAPolitik

Club Selam MM97DC Papua Temukan Bangkai Pesawat Perang Dunia II di Depapre

160
×

Club Selam MM97DC Papua Temukan Bangkai Pesawat Perang Dunia II di Depapre

Sebarkan artikel ini
Club Selam MM97DC Papua Temukan Bangkai Pesawat Perang Dunia II di Depapre
Example 468x60

Laporan : Irfan

Paraparatv.id |Sentani |Club Selam MM97DC Papua  menemukan puing-puing pesawat yang diduga peninggalan Perang Dunia (PD) ke-II di Tanjung Demoy, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua.

“Puing-puing pesawat ini ditemukan pada kedalaman 15 meter. Jadi yang kita temukan adalah puing-puing sayap kanan dan propeller atau baling-baling,” kata Wadir Polair Polda Papua, AKBP Michael Mumbunan, S.IK, di Kota Jayapura, Senin 27 Juli 2020.

Lanjut Michael Mumbunan menjelaskan, tim penyela yang dipimpinnya berhasil menemukan bangkai pesawat yang diduga adalah bangkai pesawat peninggalan Perang Dunia (PD) ke-II. Menurutnya, kondisi pesawat tersebut sudah tidak utuh lagi dan hasil temuan bangkai pesawat itu hasil penelusuran tim selam selama dua hari setelah menerima laporan dari warga setempat yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan penangkap ikan.

“Beserta masyarakat kampung Demoy berjumlah 6 orang yang temukan pertama kali bernama Eveert Yaroserai, Setelah itu, kami bersama tim diving lakukan penyelaman, kami menyelam selama dua hari, yakni mulai hari Sabtu (25/7) dan Minggu (26/7). Sehingga kami berhasil temukan puing pesawat yang sudah tidak utuh di hari kedua atau hari Minggu,” imbuh Michael Mumbunan, yang juga selaku Pembina MM97DC Papua.

Hasil temuan bangkai pesawat yang belum diketahui jenisnya, tidak akan diangkat ke permukaan, dengan harapan situs peninggalan Perang Dunia ke- II itu kedepannya dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang hendak melakukan selam scuba (scuba diving).

“Apalagi peninggalan ini masih berada di laut dangkal, jadi para penyelam pemula bisa ikut menyaksikan termasuk menikmati keindahan bawah laut yang ada di Tanjung Demoy Distrik Depapre,” harapnya.

Michael juga menuturkan, selama penyelaman ia bersama 10 anggotanya berjalan mulus tanpa ada gangguan seperti cuaca yang saat itu sangat bersahabat dan dari hasil temuan ini tim kembali akan lakukan penyelaman.

“Kita akan nyelam lagi, siapa tahu kita bisa dapat puing-puing atau bangkai pesawat lain. Jadi temuan pertama kita ini merupakan petunjuk awal, 11 orang penyelam yang kemarin terlibat, ada perwakilan dari pihak kepolisian Polair Polda Papua, Assintel Kodam XVII Cenderawasih dan penyelam Basarnas,” tukasnya.**

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *