Cerita 5 Komunitas Ke LP Abepura, Bantu Kebutuhan Warga Binaan Hadapi Corona

0
73
Lima komunitas masyarakat yang bergerak di bidang sosial membantu kebutuhan warga binaan Lapas Kelas IIA Abepura di masa pandemi covid -19.

Laporan : Petra Wamiauw

Paraparatv.id | Jayapura | Lima komunitas masyarakat yang bergerak di bidang sosial membantu kebutuhan warga binaan Lapas Kelas IIA Abepura di masa pandemi covid -19.

Komunitas sosial yang menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi warga binaan Lapas Abepura diantaranya, AMKA Kota Jayapura, FPPD Papua, APSO Abepura, Panser Kotaraja dan Sadewa Kota Jayapura bekerjasama dengan Tirta Dharma PDAM Jayapura.

Koordinator aksi kemanusiaan sejumlah komunitas ke Lapas Abepura, Oktav Gombo, mengatakan pihaknya menyalurkan bahan makanan (Bama, red) dari para donatur ke sesuai kebutuhan warga binaan.

“Jadi, aksi kami ini sebenarnya sudah satu bulan mengumpulkan bama dari para donatur serta teman – teman komunitas sudah terkumpul dan hari ini kami mengantar ke lapas Abepura,” kata Oktav Gombo usai menyalurkan bama di Lapas Abepura, Jumat 22 Mei 2020.

Menurut Oktav, warga binaan Lapas Abepura mempunyai hak untuk diperhatikan apalagi dalam masa pandemi covid -19 ini.

“Tadi kami ada salurkan 49 paket bama dan 1 tandon air untuk digunakan sebagai alat pencuci tangan, ada Handzenitaiser dan masker,” kata Oktav.

“Kami rasa itu kurang, tapi setidaknya ada yang kami berikan dan kami berharap warga binaan jangan lihat dari apa yang kami berikan tapi mudah – mudah bisa memenuhi kebutuhan warga binaan di lapas abepura,” ujarnya.

Koordintaor AMKA Jayapura, Panji Agung Mangkunegoro, mengatakan penyaluran bahan makanan dari sejumlah komunitas ke lapas abepura sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan ditengah pandemic covid -19.

“Kami Aliansi Masyarakat Konsumen Air (AMKA) beberapa komunitas sosial di Kota Jayapura, hadir di sini (Lapas Abepura) dalam rangka silaturahmi bersama warga binaan lapas abepura mereka adalah sahabat kami,” kata Panji.

“Saya pribadi mantan napi lapas abepura makanya saya kembali membantu teman – teman yang masih menjalankan hukuman,” ujarnya.

Panji Mangkunegoro yang juga Ketua FPPD Papua, meminta masyarakat diluar supaya bisa terima warga binaan jika sudah keluar dari lapas dan rangkul mereka, jangan biarkan mereka kembali ke kehidupan lama.

Menurut Panji, ada beberapa warga binaan yang bebas tapi kembali ke lapas karena membuat kasus.

“Makanya saya minta kita yang diluar lapas tidak merangkul mereka sehingga muncul stigma yang dapat membenturkan masyarakat,” jelasnya.

Sekretaris Komunitas Sadewa Kota Jayapura, Didik Irawan, mengatakan kedepan terus bersinergi dengan komunitas lain di Kota Jayapura untuk melaksanakan kegiatan sosial membantu sesama manusia yang membutuhkan bantuan.

Dikatakan, Komunitas Sadewa terus gencar lakukan pencegahan penyebaran corona seperti penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan handzenitaser serta sosialisasi instruksi Pemerintah.

“Jadi, kita sudah lakukan kegiatan sebelum puasa 2020. Kita ketemu AMKA dan terus bersinergi laksanakan aksi kemanusiaan ini,” kata Didik.

Koordinator Asosiasi Pedagang Sembako Papua, Marthen Latukana, mengatakan aksi kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian APSO dan beberapa komunitas yang ada di Kota Jayapura.

“Kami berharap yang kami berikan menjadi motivasi mereka dan suatu mereka keluar bisa berbaur dengan masyarakat untuk lakukan hal2 positif kedepan,” kata Marthen.

Humas Komunitas Vespa panser Kotaraja, Darmasi, mengatakan Kita dari komunitas vespa panser paguyuban seputar kotaraja hadir di lapas abepura bersama komunitas lain memberikan bantuan.

“Mudah – mudahan dengan kegiatan ini bukan hanya di lapas abepura tapi kedepan kita bisa sinergi lagi untuk kegiatan lain,” kata Darmasi.

Kepala Pengamanan Lapas Abepura, Hamka Abdullah, mengatakan atas nama pimpinan dan warga binaan lapas abepura atas kunjungan komunitas sosial yang merasa peduli terhadap warga binaan lapas abepura.

“Terima kasih buat Komunitas AMKA dan sejumlah komunitas yang sudah peduli dengan warga binaan Lapas Abepura ditengah Pandemic Covid -19,” kata Hamka.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here