Budaya Kampung Tobati Marga Mano Di Kenalkan Melalui Festival

Paraparatv.id | Jayapura|  Dalam rangka lepas sambut tahun 2019 ke 2020 keluarga besar Mano kampung Tobati beserta masyarakat di kelurahan Wahno melakukan Festival dari depan kantor kelurahan Wahno hingga dikediaman Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano di jalan Jeruk Nipis Kotaraja, Distrik Abepura, Selasa 28 Januari 2020.

WALI KOTA JAYAPURA BENHUR TOMI MANO SAAT IKUT BERSAMA IBU-IBU GELAR TARI LEMON NIPIS

Festival Budaya tersebut, diikuti ratusan ibu-ibu yang memiliki marga Mano ataupun yang menikah dengan  keluarga dari marga Mano. Dengan menggunakan pakaian kebaya putih, ibu-ibu melakukan tarian Ale Penggayung didalam perahu yang terbuat dari janur kelapa dengan dekorasi nuasa pita merah putih yang diberi nama KM. Wahno 2020.

SUASANA FESTIVAL BUDAYA YANG DILAKUKAN WARGA KAMPUNG TOBATI DI KEDIAMAN WALI KOTA JALAN JERUK NIPIS

“Tarian ini sebagai ucapan syukur atas kehidupan yang telah dijalani selama tahun 2019, ini merupakan penutupan dari semua rangkaian kegiatan mulai dari perayaan natal. Selain tari Ale Panggayung nanti juga ada tarian Lemon Nipis,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Mathias Benoni Mano, yang juga selaku ketua panitia kegiatan.

SUASANA TARI ALE PANGGAYUNG YANG DI TAMPILKAN IBU-IBU KELUARGA MANO KAMPUNG TOBATI, SAAT GELAR FESTIVAL JALAN KAKI DARI KANTOR KELURAHAN WAHNO HINGGA HALAMAN RUMAH KEDIAMAN WALI KOTA JAYAPURA

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano selaku pembina Keluarga Mano mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang tiap tahun dilakukan dengan membawakan tarian tradisional.

“Tarian-tarian ini merupakan tarian Tanah Tabi, salah satunya tarian Lemon Nipis yang dibawakan pemuda pemudi, tarian itu bermakna mengikat persaudaraan dan persahabatan warga Port Numbay khususnya di kampung Tobati,” ucapnya.** (Ica)

banner 336x280
banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.